Salah Nyoblos

Hari ini, bangsa Indonesia melaksanakan pemilihan anggota legislatif. Saya jadi ingat kenangan lucu terkait coblos-mencoblos bertahun-tahun yang lalu. Saat itu saya baru pertama kali mendapat hak pilih. Masih senang-senangnya dapat berpartisipasi dalam pemilu.

Pagi itu saya dengan semangat menuju ke tempat pemilihan suara (TPS) bersama kakak. Di TPS ternyata sudah antri, sehingga setelah registrasi, saya duduk dulu di kursi antrian, menunggu giliran untuk mencoblos. Karena pengalaman pertama, jadinya saya sedikit deg deg an *halah. Saya pun mengamati proses pencoblos itu bagaimana, maklum masih newbie. Ternyata tidak rumit *ya iyalah.

Ketika sedang asyik mengamati keadaan sekitar, tiba-tiba dari salah satu bilik pencoblosan terdengar suara seorang laki-laki

“Rasakno, tak coblos kowe (rasain, ku coblos kamu) ”  Suaranya cukup keras dan mantab sehingga terdengar dari tempat para penunggu antrian.

Saya agak kaget juga kok milihnya semangat banget sampai mengeluarkan suara begitu. Tapi para penunggu yang lainnya kliatan adem ayem saja, asyik pada nerusin ngobrol.

Tak berapa lama seorang bapak-bapak separuh baya keluar dari bilik yang mengeluarkan suara tadi. Bapak tersebut dengan ragu-ragu menuju ke meja panitia. Dengan suara yang masih cukup keras, tetapi tidak seyakin waktu mencoblos tadi dia berkata

“Nyuwun sewu pak, kulo salah nyoblos. Punopo saget nyuwun kertas pemilihan malih. (maaf pk, saya salah nyoblos. Apakah bisa meminta kertas pemilihan lagi?” sambil menyerahkan kertas pemilihan yang salah coblos di tangannya. *gubraaakkk .

Saya yang duduk tidak jauh dari meja panitia ingin ketawa saja. Oaalahh pak … pak … sudah semangat ternyata salah coblos … Para penunggu yang lain pun ada yang tersenyum-senyum simpul.

#Selamat menggunakan hak pilih rekan-rekan. Semoga Indonesia menjadi lebih baik …

20 thoughts on “Salah Nyoblos

  1. hahaha… ngikik deh baca cerita coblosan kemaren. issssooo ae bapake iku. tapi isin2ni.
    but daripadaaku yang golput sih hiks…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s