Serangan Fajar

Bulan Maret merupakan salah satu bulan bersejarah bagi bangsa Indonesia, karena pada tanggal 1 Maret 1949 terjadi serangan fajar untuk merebut kembali kota Yogyakarta dari tangan penjajah. Peristiwa ini lebih dikenal dengan Serangan Umum 1 Maret 1949.

Nah tahun ini, serangan fajar bisa jadi akan muncul kembali. Adanya pesta demokrasi di tanah air tercinta, tentu saja menjadi ladang yang subur untuk melakukan serangan fajar. Dulu saya termasuk orang yang naif (bukan group band lho ya:mrgreen: ) yang menganggap serangan fajar ini hanya sebatas isu saja. Padahal ternyata benar adanya, bukan sekedar isu 😦

Saya bukan orang politik, cuma ya merasa miris juga dengan praktek semacam itu. Logikanya, kalau mau ‘masuk’nya saja sudah salah, kalau orang tersebut beneran jadi anggota dewan,  yang dilakukan mestinya membalikkan modal. Lha wong sudah investasi besar, ya jangan sampai rugi donk.

Dari waktu ke waktu, sepertinya praktek ini justru semakin terbuka, tidak sembunyi-sembunyi lagi. Saya pernah mendengar sendiri dari orang yang diminta untuk mencari massa dari salah satu caleg. Tugas orang itu mencari massa, dan 1 orang dapat 50 ribu. Saya tidak terlalu jelas juga 50 ribu itu untuk orang yang direkrut atau yang merekrut, karena sudah males juga untuk menanyakan.

Dari beberapa teman di facebook juga mengindikasikan adanya praktek membeli suara ini. Nominal untuk satu suara cukup bervariasi, ada yang 20 ribu, 30 ribu, 50 ribu dan 100 ribu.

Massa*Bukan orang yang dipercakapan ini lho yang lagi mencari massa😀

Dan mikir politik itu ternyata cuma bikin saya mangkel saja. Ah, mungkin memang saya yang tidak cocok di bidang itu. Entahlah.

Kalau didaerah rekan-rekan, berapakah tarif untuk satu suara … *pertanyaan mumet:mrgreen:

19 thoughts on “Serangan Fajar

  1. Di daerah saya … ? tidak ada …
    kalaupun ada …ambil uangnya … jangan coblos dia …
    itu sebabnya di tempat saya … sudah pada kapok mungkin …

    salam saya Hind

    (26/3 : 2)

Leave a Reply

