Soulik

Beberapa hari ini, media massa di Taiwan banyak dihiasi dengan berita kedatangan Soulik. Soulik itu nama badai tropis yang diperkirakan melintas Taiwan Jumat malam sampai Sabtu. Hampir setiap kali breaking news di tipi, ditampilkan perkembangan dari angin ini. Meskipun di musim summer memang banyak angin typhoon, tetapi kali ini anginnya besar, sehingga pemerintah melakukan pencegahan bencana dengan lebih intensive.

Shoulik 2013Foto diambil dari sini

Menurut BBC, awalnya angin Typhoon Soulik ini masuk kategori “super typhoon”, tetapi kemudian kekuatannya berkurang dan telah diturunkan menjadi “medium-force typhoon”. Kecepatannya sekitar 173 km/jam dan berada sekitar 450 km dari pantai barat Taiwan (hari Jumat pagi). Karena anginnya ini muter dan bukan bergerak lurus saja, maka angin ini akan mencapai Taiwan hari Jumat malam, untuk kemudian lanjut ke China (kayak kendaraan aja :D). Perkembangan arah angin ini dapat di pantau oleh masyarakat melalui situs geometeorologinya Taiwan, Central Weather Bureau. Disitu sudah terpampang pengumuman ‘Typhoon warning’. Beberapa jadwal penerbangan sudah dibatalkan. Beberapa kantor hari ini tutup lebih awal. Turis-turis di Green Island sudah dievakuasi hari Kamis. Pemerintah juga sudah menghimbau kesiagaan masyarakat.

Hari ini disekolah juga sudah dilakukan beberapa persiapan untuk menghadapi Soulik. Pohon-pohon dipangkas, sak-sak pasir disiagakan di beberapa tempat, spot-spot yang rawan pohon tumbang sudah diberi tanda peringatan dan tidak boleh dilewati. Tour mahasiswa internship hari Sabtu juga dibatalin. Kalau pas typhoon, mahasiswa diminta tinggal di asrama dan menyetok makanan seperlunya. Biasanya kalau ada tyhoon, makanan siap saji di sevel2 dan mart-mart sejenis bakalan ludesπŸ™‚ .

017mindahin material

021Karung pasir disiagakan

025pemangkasan dahan-dahan pohon
(orang yang diatas nggak terlalu kelihatan :mrgreen:)

Overall, sistem mitigasi bencana yang dipunyai Taiwan ini saya pikir cukup matang. Semoga saja dampak typhoon Soulik ini tidak seperti typhoon Morakot di tahun 2009,Β  dimana saat itu ratusan orang meninggal karena banjir dan tanah longsor yang disebabkan oleh typhoon.

* saatnya mendekam di kamar …

update

11.40 pm: dan angin mulai menderu-deru …

3-4 am : anginnya seru banget, tapi aku malah terlelap (hasil liat status di dinding tetangga)

10. 30 am : sudah reda (efek baru bangun trus ngonline :mrgreen:)

31 thoughts on “Soulik

    • amin. saknya itu cuma untuk membatasi biar air yg dr badan jalan nggak serta merta masuk ke dalam terus masuk ke gedung (ada beberapa parkir bawah tanah di kampus) . Di pinggir jalan ada saluran airnya sih.
      *sepertinya aku lupa nulis kalau typhoon itu sepaket ma hujan lebat …πŸ˜€

  1. Dengan antisipasi yang menyeluruh seperti itu, semoga dampak kerusakan dapat dimimalkan ya Mas, bagian dari berdamai dengan typhoon. Salam

  2. taiwan sering banget ya kenapa badai..?
    tapi mantap lah persiapannya. ga kaya disini yang baru ribut setelah bencana terjadi. itupun masih dipake ajang korupsi sama pejabatnya. siyal…

    • lumayan lama mbak, bisa berjam-jam. 3 tahun yang lalu pernah sampai 3 hari-an, karena anginnya muter balik.
      Tapi selama aku di Taiwan, tempat tinggalku belum pernah dilalui pusatnya typhoon, jadi cuma kena pinggir-pinggirnya typhoon aja.

  3. wah… dah bisa antisipasi seperti itu. hebat euy. gak kayak di sini ya. dah kejadian baru deh…
    perlu banyak belajar nih sepertinya.
    Sistem Manajemen Bencananya hebat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s