Nyuci dan nyubi

Berhubung baru stag, jadi bingung mau nulis apa *curcol. Untuk mengisi kekosongan, saya cerita tentang salah satu agenda rutin saya, yaitu nyuci (topiknya enggak banget deh ha.ha.ha). Berhubung di kost-an saya tidak disediakan mesin cuci, jadinya kalau nyuci saya ke laundry. Di sini kalau pengen murah carinya laundry yang pakai mesin koin gitu, terus kita kerjakan sendiri. Kalau yang dicucikan terus disetrika mahal banget, hitungannya per potong. Kalau di rupiahkan satu potong sekitar 20-30 ribu, jaket 45an rb. Kalau nyucinya pakaian seminggu kan bisa tekor.

Laundry-laundry yang pakai koin bukanya 24 jam. Jadi kalau nyuci, saya seringkali melakukannya malam-malam atau dini hari gitu.ย  Disini wajar sih orang pada nyuci tengah malam maupun dini hari. Para pekerja banyak yang pulang kantor jam 9an, jadi mereka ini pada nyuci malam-malam gitu. Biasanya kalau saya pas nyuci tengah malam atau dini hari gitu ada juga yang lagi nyuci atau ngeringkan. Meskipun ya nggak seramai kalau siang maupun sore.

Di tempat nyucinya sudah disediakan juga vending mesin untuk tukar recehan, vending mesin untuk sabun (tapi aku jarang beli sabun disini sih, nggak cocok aja) dan tentunya mesin pengering. Jadi cukup praktis, nyuci sekalian ngeringkan.

mesin cuci

pengeringmoto-moto pas nggak ada orang:mrgreen:

Untuk nyuci sekitar 30 menit, mengeringkannya butuh waktu 40an menit, lumayan lama juga. Kalau nunggu sambil bengong ya bosan juga. Untungnya di dekat situ ada OK mart, jadi sering juga beli minuman yang paling murah disitu, terus nongkrong sampai selesai nyucinya. Ditoko itu juga jualan ubi yang di oven, kayak ubi cilembu gitu lah ya. Di Taiwan ada beberapa variant makanan dari ubi, yang paling banyak memang ubi goreng, tetapi kalau yang oven, nggak banyak sih. Jadi selain minum, enak juga sambil nyubi (nyamil ubi :mrgreen:) anget-anget. *singkatannya maksa banget ya, biarin ah …

Saya suka dengan display ubinya, karena membuat ubi itu terkesan lebih eksklusive. Rasanya mirip-mirip ubi cilembu, manis. Jadi ingat di Indonesia ubi cilembu di jual di pinggir-pinggir jalan dengan display yang seadanya. Kalau semisal display dan pengemasannya dibuat menarik, maka ubi, singkong dan sejenisnya bisa masuk gerai-gerai yang cukup eksklusive, dan nilai jualnya menjadi lebih tinggi. Dari sisi rasa, saya pikir ubi, singkong dan sejenisnya layak untuk masuk gerai-gerai di mall-mall gitu. Tapi selama ini ubi, singkong dan sejenisnya identik dengan makanan kaum bawah ya, kalah gengsi dengan roti.

Kalau misalnyaย ubi, singkong dan sejenisnya dijual di toko-toko yang seperti toko roti gitu bisa lebih laku nggak ya ?

ubi

ubi 2Ubi, ku sukaaaa …

64 thoughts on “Nyuci dan nyubi

  1. yah, ketipu. kirain ketika baca judulnya nyuci dan nyubi, untuk kata nyubi pasti ini ada kaitannya dengan chibi-chibi, fansnya Cheribelle. ternyata bukan, hehehe๐Ÿ˜€

  2. Kalau ubi cilembu dikemas atau di display dng layak, orang pasti juga lbh banyak yg akan tertarik mas. skrg kalau masih kalah dng roti ksrena ubi masih dibawah kastanya๐Ÿ™‚

  3. halah ada yang nyuci sambil nyubi cilembu..๐Ÿ˜›

    ubi cilembu sudah sampe bukik juga, didatangkan khusus dari cilembu sana.
    harganya termasuk mahal, beli 10 ribu cuman dapet sekitar 4, ukuran keciiilll.
    jadi gak bisa dimasukkan makanan rakyat kelas bawah… hehhe.

  4. kayaknya gak mau dekat-dekat mas dulu nih… abis makan ubi.๐Ÿ˜€
    dah lama gak makan ubi nih saya. iya ya. di sini kesannya ubi itu kok rendah ya? paling pas dibuat kolak aja agak naik kelas. sisanya mah… ubi, singkong, itu kesannya gimana gitu

  5. Aku juga nyuci di ruang cuci apartemen nih.. Lumayan tiap kali nyuci berasa punya 3 mesin cuci aja gituuuh.. ahahaha.. Langsung bisa banyak yang masuk. Tapi emang sih jadi ga bisa sering2 nyuci. Cuma tak apalah.. Males nyetrikanya juga.. hahaha

  6. nyuci sambil nyubi dini hari
    beta karoten pada umbi kuning dari Cilembu layak diperhitungkan dalam perbaikan gizi, tinggal pelabelannya hingga si ubi kian digemari. Salam

  7. si ubi cilembu udah banyak masuk mall kok Wong, dan lumayan harganya, tapi kalo buatku malah lebih enak kalo beli yg di pinggir jalan, entah kenapa hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s