Junk

Dulu, saya tahunya baru junk food, istilah yang digunakan untuk makanan yang tidak memiliki nilai gizi tinggi tetapi justru mengandung lemak dan kalori yang tinggi. Istilah ini biasanya disematkan pada makanan cepat saji semacam burger dan hot dog. Di Taiwan sini, gerai-gerai makanan cepat saji ini biasanya cukup laris. Maklumlah, orang-orang sini terkenal dengan American minded-nya … Minggu yang lalu di kantin sekolah dibuka gerai Mc*, dan ada diskon untuk paket tertentu, jadinya ngantri-ngantri dah pembelinya …

makan siangKalau ini paket dr jurusan beberapa waktu yang lalu

Waktu di OZ, saya baru tahu istilah junk mail. Awalnya bingung, apa maksudnya junk mail, ternyata itu adalah brosur-brosur/selebaran yang disebarkan ke rumah-rumah (bisa juga di tempat-tampat ramai), dimasukkan di kotak pos. Bagi mereka yang tidak mau dapat junk mail, kotak posnya biasanya ditulisi ‘no junk mail‘ supaya para pengedar junk mail tidak memasukkan selebaran disitu. Kalau pengedarnya nekat, masyarakat bisa komplen ke agen dan pengedarnya bakalan kena sanksi. Para pengedar ini biasanya sudah memiliki wilayah sendiri, jadi akan ketahuan siapa yang mengedarkan selebaran di wilayah tertentu. Di Taiwan juga ada junk mail. Walaupun seringnya cuma menuh-menuhi tempat sampah, kadang-kadang junk mail ini berguna juga, misalnya untuk mengetahui supermarket mana yang lagi ada diskon, atau buat alas layaknya koran:mrgreen:. Kalau di kampung saya dulu junk mail biasanya cuma disebar di jalan, lalu anak-anak pada berebut untuk mendapatkannya (maklum, kan jarang-jarang ada selebaran gitu). Trus, isinya bukan promo produk atau program diskon, tetapi tentang pertunjukan keliling semacam dangdut atau sirkus.

junk mail

Pas di Tw ini, saya sering banget dapat telpon dari penggemar orang tak dikenal. Waktu ada panggilan dari nomor tak dikenal ‘Wei … wei …’ saya jawab saja ‘Halo …’. orangnya terus nerocos saja tanpa mempedulikan saya yang terbengong-bengong. Awalnya saya pikir salah sambung. Tapi kok sering banget. Lama-lama baru sadar kalau telpon-telpon seperti itu ternyata Junk phone calls alias iklan. Karena saya nggak paham ya saya paksa aja orangnya pake Inggris, selama ini sih para pengiklan itu langsung nyerah. Biasanya mereka tanya ‘Bùshì Táiwān rén ma? Duìbùqǐ … (anda bukan orang Taiwan ? maaf)’. trus klik. putus. Di Indonesia rasanya juga marak junk calls gini.

Selain dengan di-telpon, kadang juga pake sms. Kalau junk message ini saya hampir tiap hari terima. Seringnya sih promo ring tone dari provider. Kadang ada info tentang TKI juga sih. Yang nyebelin itu jika pesannya adalah pesan tipu-tipu dari orang tak dikenal. Kadang kasihan sama TKI yang kena tipu beginian. Di kasih iming-iming hadiah terus diminta transfer uang muka. Kalau yang seperti ini, nggak jauh beda sama junk email, yang umumnya ngaku dari Af**k* sana. Junk email seperti ini seringnya minta tolong untuk mencairkan uang terus kita nanti di kasih imbalan.

Kalau sebagai blogger, tentunya sahabat juga akrab dengan junk comments ya, yang seringnya nawarin obat kuat itu lho … ha.ha.ha. Tapi saya nggak tahu apakah komentar ‘Nice inpo gan’ bisa dimasukkan dalam junk comments (dijitak agan-agan).

Selain yang sudah disebutkan diatas, kira-kira masih ada junk apalagi ya? Ada ide …😀

69 thoughts on “Junk

  1. Waktu di Jepang saya pernah jadi pengedar junk mail..
    Ssstt..jangan bilang2 ya, soalnya harusnya sy gk boleh ngelakuin apa aja yg dibayar. Jd alasannya sy bantuin temen😛

  2. junk mail di bukik biasanya disebar di dalam angkot
    hanya ditaroh saja bbrp lembar nanti siapa yang berminat boleh ambil.
    isinya sekitar kredit motor, dan pengobatan alternatif.

    junk food, masih sama Pur,
    makan di keepci rasanya lebih keren drpd makan nasi kapau😛

  3. Menurut saya …
    junk comments adalah komentar yang tidak ada hubungannya dengan isi postingan …
    komentar yang copy paste … hehehe

    salam saya Hind

  4. saya dulu di OZ pernah jadi tukang kirim junk mail.. menurut saya, kerjain itu cape loh, jadi dibiarin aja deh percaya… jangan dimarahin. namanya juga mencari sesuap nasi..

    • emang capek mas … bawa2 brosur yg berat itu …
      pengedarnya junk mailnya yang baik juga nggak mau masukin ke kotak post yang ada tulisan ‘no junk mail’-nya kok mas …

  5. nah, kalo dapet junk phone kek gitu, bos jepangku itu pasti riweuh nyariin karyawan yg bisa bahasa jepang, rusuh ini apaan, pdhl udh berkali2 dibilang pasti itu cuma buat jualan aja, tetep weh panik kalo pas ditelpon😛

  6. junk ies kayaknya haha
    apa agen yg nawarin asuransi juga disebut junk phone? haha repot nolaknya nih kalo dapet telpon seperti ini.. any suggest? hihi malah minta solusi.. maafkan😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s