Rowo Jombor

Rowo Jombor (Rawa Jombor) merupakan rawa yang terletak di Klaten, tepatnya sekitar 6 km dari kota Klaten. Rawa ini memang tidak terlalu luas dan terkenal seperti halnya Rawa Pening di Salatiga, tetapi rawa ini cukup di kenal di daerah Klaten, Solo, Yogya dan sekitarnya. *promosiπŸ˜€

Di rawa ini, dulunya banyak sekali kangkung. Hampir seluruh tepinya di penuhi kangkung. Dan biasanya masyarakat sekitar yang akan memanen kangkung tersebut. Di sebelah utara rawa ini terdapat bukit, yang saya tidak tahu namanya, tapi sering saya sebut bukit cinta. You know why lah … qi.qi.qi.. Kalau pas syawalan (sekitar 1 minggu setelah lebaran), diatas bukit ini biasanya ada hiburan dangdut .. *tarik mang … Hal ini di karenakan tradisi di daerah sekitar dimana orang-orang akan mudik waktu syawalan, sehingga akan ada pasar malam di waktu tersebut.

Sekitar pertengahan 90an, ketika memelihara ikan menggunakan karamba sedang naik daun, masyarakat sekitar banyak yang membudidayakan ikan dirawa Jombor dengan menggunakan karamba. Tak berapa lama, muncullah warung apung di rawa ini. Jadi selain membudidayakan ikan, mereka juga membuat warung makan terapung di rawa ini. Sejak saat itu, muncullah warung-warung apung di tepi rawa Jombor ( sekarang ini, kegiatan warungnya malah lebih maju dari pada pembudidayaan ikannyaπŸ˜€ ).Β  Selain itu, untuk masuk ke rawa ini pun di tarik retribusi … padahal dulu restribusi hanya di berlakukan kalau pas syawalan saja.

warung apungwarung apung

Kalau saya perhatikan, awal kemunculan warung apung ini cukup meredupkan ketenaran kampung pemancingan Janti, di kecamatan Polanharjo, Klaten bagian utara, dekat perbatasan Boyolali. Secara warung pemancingan di Janti dan warung apung di rawa Jombor ini merupakan bidang usaha yang serupa, yaitu warung makan dengan menu utama ikan bakar maupun goreng. Kalau warung apung di rawa Jombor menawarkan pemandangan rawa maka kampung pemancingan Janti menawarkan keindahan desa yang asri. Sampai sekarang kedua-duanya tetap eksis.

Persaingan yang ketat membuat pemilik warung apung berpikir kreatif untuk bisa menarik pelanggan. Lalu mulailah warung-warung itu menampilkan hiburan, umumnya sih organ tunggal. Tak berhenti disitu, karena pelanggannya tidak hanya muda-mudi tetapi juga keluarga, mereka pun lalu menyediakan mainan anak-anak untuk aktivitas si buah hati.

mainan anak-anakdisediakan mainan anak-anak

Sayangnya, meskipun warung apung itu sudah berdiri cukup lama, sampai sekarang belum ada transportasi umum untuk menjangkau rawa Jombor ini. jadi para pengunjung mesti membawa kendaraan sendiri.

Jika sahabat kebetulan melewati Klaten, dan ingin menikmati keindahan rawa Jombor, tempatnya cukup mudah di jangkau. Dari jalan Yogya – Solo, yang lewat jalur bypass (jalur bus) bukan yang dalam kota, nanti akan melewati stasiun Klaten. Di dekat stasiun ini akan ada jalan ke selatan, disitu ada plang yang menunjukkan jalan ke Rowo Jombor. (Kalau dari arah Yogya, belok ke kanan, kalau dari arah Solo berarti belok ke kiri). Ikuti saja jalan itu. Setelah sekitar 3 km, nanti ada perempatan,Β  ambil yang belok ke kiri. (kalau lurus ke arah Bayat, kalau ke kanan balik lagi ke kota). Lalu ikuti jalannya sampai mentok (ya, rawa Jombor ini memang terletak di ujung jalan :D).

NB: makasih ya Ra untuk sarannya, berikut ini saya berikan mapnya …

56 thoughts on “Rowo Jombor

  1. Wuih…jadinya wisata rawa terapung ya Wong *halah*, semoga aja pemerintah setempat bisa mengupayakan transportasi ke sana ya, jadi lebih mudah untuk para calon pengunjung.

  2. Sayang saat teman-teman menikmati restoran apung di Rawa Jombor saya absen, dan dapat pengganti cerita di postingan ini. Sudah mencoba rumah apung di Rawa Pening?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s