Jalan-jalan sore

Apa kabar sahabat sekalian? Semoga sahabat semua dalam keadaan sehat dan bahagia.

Rasanya sudah lama sekali saya tidak menulis postingan. Jadinya mau menulis lagi malah bingung, mau mulai dari mana.πŸ˜€. Yah, sebulan ini saya memang jadi fakir benwit, jadinya lama sekali tidak update tulisan.

Beberapa waktu kemarin saya cukup leluasa menikmati sore hari dengan berjalan-jalan di sawah. Salah satu kesukaan saya memang jalan-jalan di sawah saat sore hari. Melihat sawah yang membentang luas itu rasanya gimana gitu. Ada ketenangan yang merasuk … *haiisshh …πŸ˜€

Di daerah asal saya memang masih cukup banyak sawah-sawah. Meskipun semakin lama, sawah-sawah itu sudah banyak yang berubah fungsi menjadi perumahan.

jalan-jalan soreJalan-jalan sore di persawahan

Nah, di sawah-sawah itu kadang terlihat los tembakau (didaerah saya disebutnya los, nggak tahu kalau bahasa Indonesianya apaπŸ˜€ ).Los ini adalah sejenis bangunan yang terbuat dari bambu dan atapnya dari anyaman jerami. Kayak gubuk gitu, tapi ukurannya sangat besar. Memang pada musim-musim tertentu (musim kemarau), sawah-sawah di daerah ini tidak ditanami padi, tetapi di ganti dengan tembakau. Jadi los-los itu berfungsi untuk menampung panenan daun tembakau. Kalau pas musim panen tembakau, kadang saya melihat ada asap membumbung dari los ini, mungkin sedang mengasapi daun tembakau.

Los tembakauLos tembakau

Apakah di daerah sahabat juga ada los semacam ini?

Kalau sore hari, sahabat sukanya jalan-jalan kemana?

61 thoughts on “Jalan-jalan sore

  1. Sudah kembali dr migrasi ya? Selamat menulis lg..

    Disebut los mungkin karna hanya 1 ruangan memanjang ya? Jadi rasanya lega, los, longgar, loose… Karna kita ‘keturunan’ Belanda jd yg dipakai kata ‘loose’ dr Belanda yi ‘los’. Mungkin lho ya, ini hanya gothak-gathuk saja.

    Sy jalan-jalan sore biasanya ke taman dkt asrama atau ke pesisir teluk/pantai kecil dekat asrama. Di taman main sm anjing, di pantai duduk sendiri. Dua2nya sambil menikmati senja.

  2. untung aja dekat rumahku masih ada sepotong sawah…
    tapi belum pernah lihat los tembakau……
    pernah lihat los pengeringan bata di sekitar Banten

  3. Lha rak tenan to… Kebonarum yg sering saya lewati kalau gowess ke Puluhwatu…πŸ™‚
    Tiap hari mengelola bisnis di Klaten mas.. lokasi usaha di Jl Kopral Sayom (dekat stasiun Klaten)..
    Nanti bila cuti lagi, kopdar di Klaten ya…πŸ™‚

  4. Jalan jalan di areal Sawah? Sayang sekali di tempat saya di Pontianak tidak banyak sawah, kecuali di sekitar wilayah Kubu Raya. Apalagi saat melihat sawah menguning wih indahnya. Salam dari Pontianak – simplyasep.blogspot.com

  5. daerah mana sih ini mas?
    di sini udah fifty-fifty antara sawah dan pemukiman. mngkn 20-30th ke depan dah habis sawah di sini…

    ak bs jln2 cmn klo hr libur mas, klo gak libur sore jg ngajar kelas sore.. hehe

  6. Indahnya JJS sore diantara sawah dan tembakau. Di daerah Mas Hindri tanam tembakaupun sering dilindungi rumah jala ya. Selamat berhari Minggu

  7. Baru balik dr pulkam neh?

    kalau aku jalan sorenya jarang. paling ke tempat ngemil atau apa dr kantor. kalau udah nyampe rumah udah kecapean sendiri..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s