Salah bicara

Salah bicara sebenarnya hal yang cukup wajar, terutama ketika kita berbicara dengan bahasa orang lain. Ini cerita tentang salah bicara. Bukan pengalaman saya sih, tetapi saya dengar cerita dari seorang teman. Saya ceritakan ulang, dengan sedikit perubahan tentunya.

Tokohnya sebut saja A, seorang yang cukup antusias untuk belajar bahasa Mandarin, dan sedang berjalan-jalan di negeri asalnya bahasa tersebut. Suatu ketika, A dan temannya mampir ke sebuah rumah makan. Setelah melihat menu, mereka memutuskan untuk makan dumpling ( 水餃 – shuǐ jiǎo). Dengan penuh percaya diri, A kemudian menghampiri pelayannya yang memang berwajah oriental nan manis tersebut.

A : Xiǎojiě, yī wǎn shuìjiào duōshǎo ?

Pelayannya tentu saja terkejut. Tetapi demi dilihatnya siapa yang bicara, dia cuma tersenyum-senyum, memaklumi kesalahan pemuda tersebut. Ya memang si A ini salah nada dalam bicara. Maksud A tentunya adalah shuǐjiǎo (dumpling) dan bukan shuìjiào (tidur),  karena arti kalimatnya menjadi jauh berbeda.

Xiǎojiě (mbak), yī  (satu) wǎn (mangkuk) shuǐjiǎo (dumpling) duōshǎo (berapa) ?

dan bukannya

Xiǎojiě (mbak), yī wǎn (semalam) shuìjiào (tidur) duōshǎo (berapa)?

Mungkin dalam hati mbaknya itu ngomel, emang gue cewek apaan …😀

56 thoughts on “Salah bicara

  1. bahasa mandarin memang terdapat kesulitan dalam pengucapan, apabila salah nada, maka makna-nya menjadi berbeda dari yang dimaksud’kan, saya kira bahasa internasional tidak akan memakai bahasa mandarin, karena sulit, lebih mudah bahasa inggris.

  2. ini masalah utama dalam berbahasa china… intonasinya harus benar benar perfect agar tidak salah mengerti.. Untung ceweknya orang baik baik, kalau jawab juga bisa berabe tuh..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s