Penjual Pinang

Menurut pk Dhe Wiki, Pinang adalah sejenis tumbuhan palma, yang mana bijinya sering di makan (dikunyah-kunyah) bersama sirih. Saya tahu pinang ini sejak kecil, karena alm simbah putri saya dulu suka nginang (mengunyah kinang yang dicampur daun sirih). Di daerah simbah memang banyak nenek-nenek yang nginang, tetapi kalau yang generasi mudanya sudah tidak lagi.

Sekian lama tidak melihat orang nginang, saya pikir kebiasaan nginang ini sudah punah, karena kan bikin gigi jadi merah, selain itu bercak-bercak merah bekas ludahnya kan cukup sulit di tangani. Ternyata oh ternyata, di Taiwan ini saya menemui cukup banyak laki-laki yang nginang. Awalnya saya terkejut juga, karena saya pikir yang nginang itu cuma wanita saja, tetapi ternyata di Taiwan ini justru laki-laki pelakunya. Dan lebih kaget lagi, tidak hanya yang tua-tua, tetapi cukup banyak pemuda yang nginang.

Dan disini, pinang ini dijual dengan lebih menarik. Seperti sudah menjadi hukum alam, karena konsumennya lelaki, maka penjualnya lebih banyak yang perempuan. Warung pinang ini seringkali berupa bilik kaca, layaknya akuarium:mrgreen:. Penjual pinang yagn sering disebut dengan pinang girl ini banyak yang aduhaiii. Dengan dandanan super sexi, duduk di kursi tinggi, dengan kaki disilangkan, well..well..well.. memang penampilan itu mempengaruhi mood pembeli yaย *plaaakkk.

Suatu saat, ketika saya pulang dari suatu acara, bersama teman lab, di tengah hujan gerimis, mobil berhenti di lampu merah. Antrian cukup panjang, jadi ya saya cukup bosan. Waktu clingak-clinguk (tolah-toleh), eh, tidak tahunya, mobil kami berhenti di depan penjual pinang itu. Saya langsung terpikir, wah bisa jadi satu postingan nih *dasar … Buru-buru saya keluarkan kamera. Karena hujan, saya kan tidak berani bukan jendela. Baru mau motret, malah mobilnya jalan. Ya udah deh, buru-buru cepret aja. Dan seperti sudah diduga, hasilnya kaburย  …๐Ÿ˜€

Penjual pinangPenjual Pinang

Karena katanya no picture = hoax, jadi fotonya tetap saya pajang meski kabur. Tapi kalau diamat-amati lagi, kekaburan itu malah membikin kesan yang gimana gitu … *halahhh…

Apakah sahabat pernah melihat orang memakan pinang ?

67 thoughts on “Penjual Pinang

  1. pernah, waktu kecil
    ngeliat buyut keluarin peralatan nyirihnya, aku juga minta dibuatin, enak kok…
    malah senang karena bibir jadi merah

    stand pinang ini sering muncul di film2 Taiwan ya

  2. wow, keren ya stand pinangnya.

    Aq belom pernah liat.
    Baru tw malah kalo ada yg namanya nginang, taunya nyirih duank, hehe..

  3. Mereka campuran nginangnya apa aja, mas? Pakai daun sirih dan kapur sirih (eh, injet itu bhs Indonesianya kapur sirih kan? Wkwk..lupa!) juga kah?

    Dulu para tetangga nyirih juga, tapi ibu enggak lho. Brti ibu modern meski tinggal di kampung yaa๐Ÿ˜€

    Trus di samping rumah ada pohon pinang 2 biji. Suka ditungguin jatuh pelepahnya buat dipakai mainan. Ada yang duduk di pelepah & ditarik ke mana2 gantian gitu. Sekarang masih ada gak ya yang mainan gitu? Hihi…jd ke mana2 komennya..

  4. Tentu saja sudah pernaaaaahhhh……
    Ibu-ibu Irian paling suka makan pinang, jadi waktu saya kecil di Biak, lihat orang makan pinang itu sudah biasa. Malah saya pun pernah coba, tapi gak kuat pedesnya! LOL.

Leave a Reply

