Nama yang dikenal setelah jadi lagu

Masih lanjutan tentang lagu-lagu, kali ini saya mencoba membuat list nama yang menjadi terkenal setelah menjadi lagu. Sebenarnya ada buaaaanyaaaak banget sih nama yang menjadi judul lagu. Jadinya bingung juga membuat listnya … Meskipun begitu, tetap saya paksakan untuk membuat listnya ha.ha.ha.Β  Nama ini bisa mewakili sesuatu/golongan bisa juga nggak *maksudnya apa coba ha.ha.ha. Berikut ini beberapa nama yang menurut saya menjadi lebih dikenal karena lagu:

1. Bento – Iwan Fals : Lagu yang di bawakan oleh bang Iwan ini begitu populer. Bento adalah bisnisman, tokoh papan atas yang rakus akan hal-hal keduniawian. Seperti lazimnya lagu Bang Iwan lainnya, lagu ini merupakan sebuah kritik terhadap orang-orang yang menghalalkan segala cara untuk mendapatkan hal yang diinginkannya. Menurut saya, bagian yang sangat digemari adalah ” Sebut namaku tiga kali Cilik Cilik Cilik … ” *nggak cocok blasπŸ˜€

2.Β Oemar Bakri – Iwan Fals : Oemar Bakri bukanlah saudaranya ARB, pengusaha yang kaya raya itu. Oemar Bakri adalah seorang guru PNS yang tetap setia jujur mengabdi selama 40 tahun meskipun banyak makan hati dan gajinya nggak naik-naik. Tas hitam dari kulit buaya dan sepeda kumbang adalah dua benda yang selalu menemaninya. Kalau sekarang sudah ada sertifikasi guru, Oemar Bakri mestinya sudah bisa naik ferrari ya … *sepeda ferrari sih iyaπŸ˜€

3. Surti dan Tejo – Jamrud : Surti dan Tejo adalah sepasang manusia yang saling mencinta sejak lulus SD hingga beranjak gede. Surti ini ternyata anak Kades lho.Sementara Tejo ini dulunya ngampung, dekil dan lugu. Tetapi setelah ke kota selama tiga tahun, hilang sudah sifat-sifat aslinya (kejamnya kota). Cerita selanjutnya sahabat sudah tahu kan, tidak perlu saya ceritakan lagi, takut di tangkap satpol PP …πŸ˜€

4. Camelia – Ebiet G Ade : terus terang, saya nggak terlalu tahu siapa sebenarnya Camelia ini. Sepertinya hanya om Ebiet yang tahu deh, sampai sampai si om buat 4 lagu untuk Camelia, ada Camelia I, Camelia II, Camelia III dan Camelia IV. Eh, jangan-jangan itu 4 orang Camelia yang berbeda ya. Hanya Om Ebiet dan Tuhan yang tahu… *halahπŸ˜€

5. Karmila – Farid Hardja : Karmila ini bukan saudaranya Camelia tetapi dia adalah gadis yang bisa membuat om Farid Hardja jatuh cinta bagai pertama. Kayaknya om Farid ini ketemu saat Karmila sedang berulang tahun yang ke sebelas. *Busyet deh, nggak terlalu kecil tuh Om, bisa dijerat UU lho …

Jika terkait dengan nama, adakah lagu yang sahabat sukai ?

51 thoughts on “Nama yang dikenal setelah jadi lagu

  1. Wah, bener banget tuh kata Pak Marsudiyanto.. Bang Toyib!
    Nambahin dikit nih (walau mungkin gak terlalu terkenal…).
    Ani dari Rhoma Irama
    Zacky dari Rita Sugiarto
    Kirana dari Dewa19
    Sally dari Peterpan

  2. Ada ada aja nih mas sampeyan, kayak pengamat musik aje, hehehe

    Btw, ada juga lho lagu yang pake nama seseorang, judulnya Tumini, janda yang punya anak lima, kalo mau tahu bisa dicari di googleπŸ™‚

  3. Banyak banget Wong…ada Galih dan Ratna, Juli, Nathalie, semua lagu Chrisye, Cindy dan Rendy Ikang Fawzie..Astuti nya Gito Rollies..lagu jawa ada tuh Sri…yg judule Minggat haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s