Pengen ngirit malah ngorot-orot

Istilah ‘pengen ngirit malah ngorot-orot’ (ingin hemat tetapi malah jadi boros) merupakan ungkapan yang sering dilontarkan ketika seseorang ingin berhemat, tetapi pada kenyataannya malah membuat mereka harus mengeluarkan uang lebih banyak lagi, alias malah menjadi boros. Misalnya, ketika seseorang ingin memberli barang, orang tersebut membeli barang yang murah (ingin berhemat) tanpa mempertimbangkan kualitasnya sehingga yang didapatkan adalah barang murah dan murahanπŸ˜€. Karena kualitasnya jelek, maka barang tersebut akan rusak hanya beberapa kali pakai saja, akibatnya orang tersebut harus membeli barang sejenis lagi. Dan kalau dihitung-hitung, uang yang dikeluarkannya menjadi lebih besar dibandingkan dengan jika dia membeli barang yang berkualitas, meskipun lebih mahal.

Saya pernah mengalami hal ini, karena ingin irit, malah keluar banyak uang. Suatu kali tinta printer habis. Karena ingin berhemat, bukannya membeli tinta yang orisinil, saya malah mencoba-coba menggunakan tinta isi ulang tanpa perhitungan. Alhasil, justru cartridge nya yang kena dan harus beli baru. Uang untuk beli catridge baru jauh lebih besar daripada seandainya saya membeli tinta orisinil untuk printer tersebut. hikss …

Meski sudah beberapa kali mengalami ‘pengen ngirit malah ngorot-orot’, ya saya tidak kapok untuk tetap mencoba berhemat padahal karena memang terpaksa harus berhematπŸ˜€. Tetapi pengalaman itu membuat saya menjadi lebih berhati-hati dalam berhemat alias tidak asal hematπŸ˜€

Apakah sahabat juga pernah mengalami ‘pengen ngirit malah ngorot-orot’ ?

59 thoughts on “Pengen ngirit malah ngorot-orot

  1. kalo aku sih bukan soal ngirit apa engga
    tapi selalu aku lihat sisi fungsionalnya
    mahal dan harganya tinggi itu beda buatku
    barang harganya rendah tapi cepet rusak ya aku anggap mahal…

  2. dulu sering, sekarang saya pilih pilih kalau beli.. cukup berhati hati… sudah kapok. Tapi sekarang ada trend baru, barang jelek dijual mahal mahal juga…. hahahaha gimana tuh kalau begitu?

  3. mmmm …
    ada …
    pengen irit sarapan pinggir jalan … murah meriah tapi kualitas makanan ya begitulah …
    akhirnya mesti keluar uang lebih untuk beli obat sakit perut …
    heheheh

    salam saya Hind

  4. Minggu lalu bapak dan mas mau beli bebek goreng, dianatara 2 rumah makan ada salah satu yang enak dan agak murah. Aku kasih tau alamatnya. Bapak dan mas ke sana.
    Pulang pulang Mas protes, woooii ini lebih mahal dari infomu….

  5. Oh iya, saya pernah itu. Pernah mau mengirit dengan beli yang palsu atau lebih murah tapi ternyata kualitasnya gak ok, alhasil malah keluar lebih banyak untuk beli yang semula harus dibeli…πŸ™‚

  6. sering banget mas,,,,malahan rasanya saya paling deh kyk giniπŸ˜†
    apalagi kalau ada obral2an….pasti ujung2nya cuma buang2 duit aja,,krena barangnya nggak tahan lama,..

  7. Iya pernah juga gitu. Gara-gara tetap keukeh pulang hujan-hujanan daripada naik taksi, akhirnya sakit deh! Biaya obat jauh lebih mahal daripada ongkos taksi T___T

Leave a Reply

