Lagu jadul dari band seumur jagung

Kadang kalau lagi bosen kerja, saya sering lari ke yout*b* untuk Njadul, mencari lagu-lagu lawas. Lagu-lagu jadul yang sering saya puter kebanyakan muncul di pertengahan 90an. Di jaman ituย  banyak sekali bermunculan band-band, yang tentu saja nggak semuanya laku di pasaran. Banyak yang hanya membuat album sekali, terus tidak terdengar lagi kabarnya. Diantara band-band itu, ada beberapa yang saya suka lagunya, dan sampai sekarang masih sering kuputar. Beruntung sekali, di youtube, semakin banyak yang mengupload lagu-lagu dari band seumur jagung.

Kalau list lagu-lagu dari band ngetop kan sudah banyak, kali ini saya list saja beberapa lagu dari band Indonesia yang hanya seumur jagung ini๐Ÿ˜€

1. Masih ada – Kindern : Lagu ini merupakan salah satu lagu dialbum Kamuflase (1997), yang merupakan album satu-satunya Kindern. Setelah meluncurkan album ini, bandnya nggak kedengaran lagi. Saya senang sekali karena sekitar sebulan yang lalu, ada yang memposting video klip band ini.

2. Amukti Palapa – Kalingga : lagu rock yang memasukkan unsur musik tradisional ini menurut saya bagus. Sesuai judulnya, lagu ini bercerita tentang Sumpah Palapa dari patih Gadjah Mada. Lagu ini sedikit banyak juga mengkritisi kondisi politik waktu itu. Lagu ini merupakan salah satu lagu dari album Kalingga, Sumpah Palapa (1997). Meski personilnya bisa dibilang musisi kawakan (band ini gabungan dari personil Power Metal dan Andromeda), tapi band ini ternyata nggak bisa bertahan lama dan Sumpah Palapa menjadi satu-satunya album mereka. Sampai sekarang saya belum menemukan video klipnya di yout*b*

3. Maafkan – Dwipa : Mendengarkan lagu ini rasanya nyess gitu. Lagu ini berada di Album pertama dan terakhir Dwipa yang dirilis sekitar tahun 1995. Dwipa adalah sebuah group band yang salah satu personilnya adalah mantan personil Dewa 19, Wawan. Sekarang sudah tidak tahu lagi kemana para personilnya.

4. Cinta kamu – Bias : pertama kali mendengar lagu ini saya langsung suka dengan bass line-nya yang sangat memberikan warna di lagunya. Lagu yang juga dipakai sebagai nama albumnya Bias ini muncul sekitar tahun95 dan cukup populer di jaman itu. Sayangnyaย  setelah album ini, Bias nggak kedengaran lagi kiprahnya. Sepertinya album Cinta Kamu ini menjadi album satu-satunya Bias.

5. Kebebasan – Singiku : Lagu yang berkisah tentang seorang gadis yang begitu gembira karena merasakan kebebasan ini cukup ngehit dan sering di putar di radio-radio pada jamannya. Laguย  dengan musik yang unik ini berada di album Cerita Pagi (1996), yang setahu saya menjadi album pertama dan terakhir dari Singiku.

Itulah sebagian lagu-lagu yang saya sukai, yang berasal dari band yang terlalu cepat menghilang.

Apakah sahabat pernah menyukai lagu dari band yang hanya seumur jagung ?๐Ÿ˜€

59 thoughts on “Lagu jadul dari band seumur jagung

  1. sama kayak brow rawins, nggak ada yang saya kenal band dan lagunya. mungkin karena tahun2 itu saya lagi demen2nya lagu malaysia kali ya, hehehe…
    tapi bagus juga postingannya, buat rekomendasi nih klo mau ngejadul…

  2. walo sekarang sudah nggak suka dengarkan musik, selera musik saya di jaman muda justru musik sampah beraliran heavy metal.
    Mungkin karena band di atas seumur jagung, makanya saya nggak ngenal mereka

  3. Gak ada yang saya tahu ya …. padahal tahun 90-an saya kuliah. Oiya, saya memang sudah tak suka dengar lagu waktu itu. Selera saya sudah berubah ke nasyid. Sy suka lagu2 waktu jaman ABG, masih SMP-SMA.

    Tapi koq gak ingat namanya ya. Biasanya biarpun gak suka lagu, saya tahu grup2 musik. Kayak Vierra, Peterpan eh Noah … ya tau saja, gak hapal nama2 personilnya. Paling tau satu dua orang saja๐Ÿ™‚

  4. Iya mas, aku rasa ne belum pernah denger nama-nama tadi. Hehehe. Tapi bagus ya Mas, ternyata di antara band-band dulu, ada juga yang bisa menarik perhatian. Ya, meski cuma sekadar satu single saja yang keluar.

    Padahal kalau potensi nge-band-nya diperkuat, bisa jadi mereka masuk juga di jajaran band negeri ini sekarang.๐Ÿ˜€

  5. hiks….mungkin krn terlalu jadul aka kadaluwarsa nih si bunda ,๐Ÿ˜ฆ
    ( atau krn gak gaul, kuper ….hehehehe)๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    jadi aja gak ada yg kenal satupun lagu itu ..
    pingin coba dengerin deh …
    tks ya Mas, dah dikasih link nya …..๐Ÿ™‚
    salam

  6. Kebetulan saya bukan penggemar band lo, entah kenapa…
    Tapi dengan banyaknya band-band yang ada saat ini, rupanya pendapat saya ini harus segera saya ubah. Bukan apa-apa, sebuah band itu ternyata memerlukan banyak kreativitas untuk tetap eksis. Seumur jagung atau tidak, kerja kerasnya pati sama…๐Ÿ™‚

  7. Saleum,
    Lagunya Masih ada โ€“ Kindern itu saya dengar sewaktu masih SMA kalau gak salah, kalau gak salah dah pasti benar๐Ÿ™‚
    Diantara lagu2 yang beredar diathun itu, aku masih suka dengerin hit nya Andy Liani dan SKET

    • berarti kita tumbuh di tahun yang kurang lebih sama ya mas …๐Ÿ˜€
      Sanggupkah aku-nya Andy Liani rasanya semacam lagu wajib tahu jaman itu ya …
      untuk SKET, saya paling suka lagu katakanlah …๐Ÿ˜€

  8. Mmmmm …
    Jujur saya kurang begitu mengikuti Band atau penyanyi yang seumur jagung
    Saya menyebutnya … One Hit Band atau One Hit Singer.
    Kalau saya … apakah suka atau tidak … semua murni tergantung pada struktur kualitas lagu … dan kualitas vokal dan penghayatan penyanyi tersebut … jika bagus ya baguslah adanya … jika tidak ? ya mungkin perlu pengembangan lebih lanjut …
    mengenai ngetop atau tidak ngetop … itu masalah publikasi saja …

    Salam saya

  9. Pingback: Istilah yang populer karena lagu | cet4k cet1k cet0k

Leave a Reply

