Rak geser

Yang namanya kampus, mesti ada perpustakaannya. Nah, karena di Taiwan ini kan penduduknya sangat padat, jadi lahannya juga sangat terbatas (luas wilayahnya sekitar 1/100 wilayah Indonesia, jumlah penduduknya sekitar 1/10 jumlah penduduk Indonesia, berarti kepadatannya sekitar berapa kalinya Indonesia? :D). Akibatnya, ruang perpustakaan pun juga terbatas. Untuk mengatasi keterbatasan tempat ini, beberapa rak diperpustakaan sekolahku menggunakan rak yang bisa di geser-geser. Tujuaannya supaya ada lebih banyak rak yang muat di perpus, jadi bisa menampung buku lebih banyak. Repotnya ya kalau mau memilih buku mesti menggeser-geser raknya, supaya tubuh bisa masuk diantara rak-rak buku itu. Memang sih menggesernya cukup memutar tuasnya aja, tetapi repot juga kan.

Geser dulu donk

Sebelum menggeser mesti mengecek dulu apakah ada orang di antara rak yang longgar. Jika tidak ada orang kemudian melepas pengunci raknya supaya bisa digeser. Setelah selesai menggeser, mesti mengunci tuasnya biar nggak digeser sama orang lain. Hhhmm, ribet ya …๐Ÿ˜€

rak geser

Apakah saat sekolah sahabat suka ke perpustakaan ?

Update:
Untuk memudahkan membayangkan cara kerjanya, saya buatkan skema cara kerja dasarnya.

66 thoughts on “Rak geser

  1. suka si perpuskaan si, mungkin karena cukup luas dengan jumlah bacaan dan pengunjung yang tidak seberapa, jadi mungkin belom memerlukan rak geser seperti disana.๐Ÿ˜€

  2. keren, pengen punya rak buku model geser begini๐Ÿ™‚
    jadi inget acara tivi kmren, seorang arsistek, bisa nyulap ruangan aopartemen sempet, jadi kumplit, pake model2 kasur lipat, rak dapur geser gitu, keren๐Ÿ™‚, malah ruangan apartemen sempit tsb bisa disulap jadi home theater pribadi๐Ÿ™‚

  3. Ditempat kerja yang lama sudah menerapkan rak geser ini untuk menyimpan dokumen2 pembuatan obat yang harus disimpan bertahun tahun. Sangat praktis, tapi kudu hati-hati untuk safetynya. Nice share Wong,

  4. Eyaampun… bersyukur banget deh punya perpustakaan yang lega di kotaku…๐Ÿ˜€
    Mungkin suatu saat nanti, di Indonesia juga nerapin rak2 seperti itu ya, kalo penduduknya udah semakin padat๐Ÿ™‚

  5. jadi kalau jarak rak yang kita inginkan ada 10 harus ngegeser 10 rak gitu mas? waahhh,, lumayan juga tuh olahraganya.. hihihihi. Dan kekurangannya gak bisa menampilkan koleksi bukunya gitu yak mas. Biasanyakan aku gak tahu harus minjem buku yang mana. Setelah melihat lihat baru deh menentukan.. hihihi

    • karena sudah ada railnya, nggesernya sih nggak perlu banyak tenaga sih, cuma ya ribet aja.
      kalau pinjam memang mesti lihat katalog dulu sih, biar tahu bukunya dimana. kalau nggak cuma gesar-geser terus ntar hi.hi.hi…

  6. asik juga ya , sistem rak geser kayak gini
    bener2 pemanfaatan yg maksimal utk ruang sempit/kecil
    bisa juga ya diterapkan utk dirumah yg super SSS ( senggol sana sini) hahaha๐Ÿ™‚
    kreatif banget ya Mas…๐Ÿ™‚
    salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s