Science VS Engineering

Science dan engineering memang sulit untuk dipisahkan ya. Keduanya memang saling terkait, tetapi sebenarnya cukup berbeda. Saya menyadarinya juga pas kuliah, karena ada dosen saya yang menyinggungnya. Gara-garanya dulu pas ngerjain tugas, saya salah sasaran. Terus didosennya di kelas menyinggung bahwa kerja kami salah arah.

Setelah saya gugling-gugling, ada beberapa pendapat mengenai perbedaan keduanya ini. Dari banyak pendapat itu, intinya adalah kalau:

Scientist itu mempelajari tentang alam/dunia sekitar kita, dan berusaha untuk menemukan/merumuskan fenomena alam/dunia sekitar kita tersebut, sehingga fenomena alam/dunia sekitar kita menjadi lebih predictable

Engineers itu menciptakan atau membangun sesuatu yang baru, sehingga lebih memberikan manfaat

Jadi sepertinya kata kuncinya adalah menemukan dan menciptakan. kalau menemukan berarti sebenarnya hal itu sudah ada, namun belum diketahui. Sedangkan menciptakan, berarti membuat dari yang belum ada menjadi ada. Karena itulah pola pemikiran seorang scientist bisa sangat bertolak belakang dengan seorang engineers. Seorang scientist seringnya berpikir kearah new conceptual model, kalau seorang engineer lebih kearah fungsionalitas. Dan engineers bisa menciptakan sesuatu yang baru dasarnya juga dari rumusan yang ditemukan oleh scientist. Makanya keduanya saling bersimbiosis mutualisme.

Kalau di dunia scientist, pengakuan itu berupa hadiah Nobel (ada juga award yang lebih spesifik ke bidang tertentu), sedangkan bagi engineer, pengakuan itu didapatkan dari paten. Keduanya memang beda genre. Kalau orang dapat Nobel, namanya bakalan masuk jajaran ilmuwan yang eksklusive. Paten memang tidak se- eksklusive Nobel, tetapi paten bisa di duitkan😀.

Kalau di bidang yang sahabat geluti, istilah apakah yang seringkali kurang dimengerti oleh orang awam?

55 thoughts on “Science VS Engineering

  1. well… saya pun lulusan dari enginerring..🙂

    yes, enginer dituntut untuk mampu mengaplikasikan langsung ilmu tersebut kepada dunia sekitar..
    maka seorang enginer dituntut untuk kreatif..🙂

    • kok bisa salah jurusan mbak?😀
      kalau pk Habibie, saya lebih melihatnya sebagai seorang ilmuwan ketimbang engineer, meski ya beliau lebih terkenal ketika berkecimpung sebagai seorang engineer …😀

      • Ceritanya panjang pak. heheee
        Iya, kalau teknik mesin itu bisa sebagai engineer dan bisa sebagai ilmuwan ya pak.. ah cuma sikit sih pengetahuan saya tentang teknik mesin.. dari cerita teman yang di mesin dan film 3 idiot itu lho pak😀

    • kalau masalah duit ya jelas banyakan engineer mbak, ilmuwan mah nggak bisa kaya (*kalau pure ilmuwan lho ya).
      Menjadi Ilmuwan biasanya lebih ke panggilan jiwa sih … syukur2 ada yg membantunya menduitkan penemuannya (yang berarti memasuk ranah engineer juga😀 )

  2. dosen saya di kampus adalah engineer. tapi banyak juga yang kemudian mengabdikan diri di dunia penelitian. saat ini engineer dituntut untuk lebih aktif di bidang aplikasi yang dekat dengan masyarakat. kalo kata pak dosen sih sebagai problem solver. makanya masalah2 yang berkaitan dengan masyarakat itu dirangkum untuk kemudian dicarikan solusinya, yang ujung2nya sih kalo bisa jadi uang dan aplikatif. banyak kerjasama yang juga dibangun antar dosen mipa dan teknik untuk program riset. kalau mahasiswa sih biasanya masing2 per jurusan.
    awal2 kuliah juga sempat dijelaskan perbedaan engineer dan scientist apalagi jurusan yang saya ambil teknik kimia, jadi sering disamakan atau ditanyakan perbedaan nya dengan jurusan kimia mipa. nah, definisinya juga sama kaya penjelasan di atas. =)

  3. Sepakat! Keren analisanya Wong.
    Aku kerja di pabrik Farmasi, jadi lebih kenal dengan paten dari nobel nobel😀,
    Setiap obat yang sudah dipatenkan, baru bisa diproduksi oleh tempat lain sekitar 20tahun. Atau hak paten berlaku selama 20 tahun (untuk saat ini) gak tau lagi kalau berubah nantinya😀

      • Setahuku di dunia ya? gak tau lagi kalau dibedakan produk farmasi atau bukan. Farmasi ilmu dasarnya ya farmasi ehmm, khan kuliah ada sendiri, hanya saja ilmu yang dipelajar banyak kalau di indonesia. Mulai pelajaran dasar Fisika, Kimia, Biologi, tumbuh-tumbuhan pelajaran kedokteran, obat, struktur kimia, anlisa kimia, fitofarmaka walahhh mumet hehehe. kalau udah tingkat profesi baru dibedakan jelas tapai kalau masih S1 semua dapaet🙂

  4. kalo saya di bidang farmasi, saya bisa menjadi ilmuwan dan juga enggineerr

    jadi ilmuwan ketika meneliti bahan obat baru, jadi engineer ketika merubah bahan obat jadi obat
    kemudian obatnya diubah jadi uang dan dinamakan sales, wkwkwk

    3 jenis profesi dalam satu bidang yang saya geluti

    • kurang lebih begitu pak, titik tolak sains memang lebih ke upaya memodelkan fenomena alam/lingkungan, sementara teknik titik tolaknya lebih ke menerapkannya supaya berdaya guna bagi manusia …

  5. biasanya istilah yg susah dimengerti perbedaannya itu akan teringat jika tidak diingat-ingat #halahg…
    saya sendiri terkadang menemukan istilah yg kurang dimengerti secara spontan, sehingga gampang dilupakan tanpa ada jawaban😀

    • Workshop ada modulnya, perserta dapat latihan soal/tugas kalau seminar perserta tinggal datang duduk dengar tidur😀
      kalau Fasilitating vs Training apa ya, mungkin kalau fasilitating lebih berperan sebagai fasilitator (perserta yg aktif) kalau training lebih ke model ngajar gitu (nara sumbernya yg aktif)
      *jawaban ngarang😀

  6. waduh, bunda baru tau bedanya justru disini, setelah baca tulisan ini………😳
    kalau bunda sebagai bu rt ,sih taunya kalau scientist itu menciptakan menu baru ( nyoba2 resep baru masakan gitu) dan engineering nya yaaa…yang bikin masakannya ( aka koki nya gitu) hahaha😛
    salam

  7. Wah makasih banyak mas.. saya engineer yang lulus 2 tahun lagi. semoga semakin bermanfaat yaa untuk engineer2 masa depan🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s