Longtan Township : 2

Postingan ini merupakan cerita lanjutan tentang jalan-jalan di Longan Township. Setelah mengunjungi Longtan Shrines Pavilion, Henggang Back cultural centers dan rumah salah satu pembuat obat tradisional, tujuan berikutnya adalah :

4. Chen Changheba Line – 2

Masih di jalur Chen Changheba Line, selain ke rumah pembuat obat, kami juga mengunjungi suatu bangunan yang berisi peninggalan tentang kehidupan pertanian orang-orang Hakka. Tempat ini katanya milik satu keluarga, yang tetap dipertahankan oleh keturunannya sebagai upaya mendokumentasikan kehidupan dimasa lalu. Di tempat ini terpasang foto-foto tentang orang-orang Hakka yang kebanyakan berprofesi sebagai petani.

Memasuki ruangnya benar-benar serasa di balai desa gitu. Ada foto orang membajak pakai tenaga kerbau, foto sawah-sawah, saluran irigasi dan juga benda-benda sehari-hari yang dipakai di jaman dulu. Melihat benda-benda ini mengingatkanku akan masa kecil dulu. Benda-benda itu mirip dengan yang dulu sering kulihat didesaku, ada kurungan ayam, bajak, ‘lumpang’, almari kayu kuno, perapian, alat perontok padi, teko-teko tanah liat dan sejenisnya.

(foto dari panitia )

Peralatan di jaman dulu

Bajunya Ninja Hatori?

4. Octave Feast

Tujuan berikutnya adalah Octave Feast. Kata pemandunya kami cukup beruntung, karena pas hari trip itu ada kegiatan, jadi sang organisator meminta mereka untuk tinggal sampai siang, supaya kami menikmati sajian musik Hakka, meskipun cuma sebentar. Makanya kami mengunjungi tempat ini. Dan memang, para pemusik itu hanya menunggu kami saja😀. Musiknya bercerita tentang perjalanan ke barat untuk mencari kitab (kisah si kera sakti gitu).

Selesai menikmati musik, kami bisa mencoba alat-alat musiknya. Ternyata walaupun kelihatan sederhana, memainkannya tidak gampang juga😀.

Menikmati musik tradisional Hakka

Mencoba alat musik tradisional (foto dari panitia)

5. Jellyfish Goddess

Tempat berikutnya adalah sumber mata air yang dulunya banyak dipakai warga untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti mencuci, mandi dan air minum. Karena sumber mata air sering di kaitkan dengan dewa air, maka dikat sumber air biasanya didirikan bangunan untuk memuja dewa air. *kata temenku sih terjemahan Jellyfish Goddess tidak tepat dengan nama aslinya dalam bahasa mandarin😀. Sekarang ini, sumber-sumber air sudah banyak berkurang. yang kami kunjungi ini dulunya termasuk sumber yang besar. Sekarang ini masih ada warga yang mempergunakan air dari sumber ini. Waktu kesana, ada yang sedang mencuci baju, mencuci makanan, mengambil air untuk minum maupun sekedar berendam. Tadinya saya pikir tempatnya besar, begitu sampai, ternyata tempatnya kecil saja😀

Mata air

Sumber mata air ini menjadi tempat terakhir yang kami kunjungi dalam trip ke Longtan Township.

Meskipun tempat yang kami kunjungi ini sederhana, tetapi saya cukup terkesan dengan model tripnya. Karena ditiap tempat itu ada guide yang menerangkan tentang tempat tersebut, jadi ada nilai lebih yang bisa kami dapatkan. Salut juga untuk para guide-nya yang sangat antusias. Mereka mau  meluangkan waktu ditengah-tengah kesibukannya untuk menjadi guide. Karena biaya yang kami bayarkan ke penyelenggara tidak terlalu besar, sekedar untuk transporasi dan makan saja, jadi saya pikir para guide bekerja sukarela😀

Trip apakah yang pernah sahabat ikuti?

34 thoughts on “Longtan Township : 2

  1. Itu di Sumber Mata airnya bersih banget ya mas.
    Dan itu lho baju petaninya kayak burung gagak hehe…
    dan yang menjadi penasaran itu kenapa penulis blog ini foto narsisnya belum muncul *Kepo hehehe

  2. trip gratisaaan, mau banget…
    kalo soal kelayapan mah hayu…
    *lagi sama-sama lanjut postingan ya.. kita barter cerita antar negara*

    pengen sih pasang gambar ini itu lengkap cerita, tapi kok ya males banget, hihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s