Koper

Beberapa hari yang lalu membaca di media online tentang seorang artis yang marah-marah karena kopernya dibuka paksa di salah satu bandara di Indonesia. Karena hal ini telah terjadi beberapa kali, sang artis pun berkicau di media. Dan masih terkait dengan berita yang sama, pihak yang berwenang mengatakan bahwa memang ada aturan yang mengijinkan petugas untuk membongkar koper secara paksa jika koper tersebut di curigai.

Well, kalau masalah dibuka paksa, dan itu memang ada aturannya, saya sih bisa memaklumi apa yang dilakukan petugas. Tapi karena di berita itu disebutkan ada beberapa barang sang artis yang hilang, rasanya agak janggal juga. Kok pemeriksaannya disertai mengambil barangnya juga, tanpa ijin lagi. Menurutku sih aneh aja. Kalau memang barang yang di bawa bermasalah, bukannya sang artisnya juga harus ikut dimintai keterangan, bukan sekedar diambil barangnya doank. Kalau cuma diambil barangnya saja kan masyarakat jadi berpikir yang enggak-enggak. Semoga itu hanya kesalahpahaman saja. Saya sendiri sih tidak pernah bermasalah dengan koper (semoga seterusnya juga tidak bermasalah :D), paling apes ya koper dibuka-buka untuk di cek isinya.

Bicara koper jadi teringat teman saya yang dulu sama-sama berangkat ke Oz. Tapi masalahnya bukan dengan dengan bandaranya sih. Koper temanku ini, ketika diangkat oleh sopir yang menjemput kami, pegangannya patah. Sang sopirnya minta maaf, dan jika temenku ini tidak terima barangnya tanpa sengaja terusak olehnya, temenku bisa mengajukan komplain buat ganti rugi. Waktu itu aku memang terkesan sih, rasanya kok tanggung jawab banget gitu. Soalnya kalau di negeri sendiri kan seringnya berakhir dengan saling adu mulut, apalagi menurutku, patahnya itu bukan kesalahan sang sopir, cuma apes aja pas diangkat malah patah.

Masih dengan teman seangkatan yg ke Oz juga (tapi beda univ), kali ini kopernya temenku ini jatuh di jalan. Saya tidak tahu apakah dia di jemput pihak universitas atau temennya yang sudah lebih dulu di Oz. Tentu saja temenku jadi resah, kopernya kececer gitu, mau mencari juga bingung. Udah gitu, malah ada yang bilang, kalau kopernya ditemukan orang Asi*, nggak bakal balik, tapi kalau bul*, bisa jadi kopernya akan balik. *sialan juga nih orang yang bilang gitu, orang Asi* yang baik buaaanyaaakkk banget kok

Beberapa hari kemudian, tanpa diduga, ada bul* yang mendatangi flat temenku itu. Dia bilang bahwa mobilnya menabrak koper di jalan. Untungnya di koper itu dikasih tulisan alamat flat temenku, jadinya bul* itu bisa mengantarkan koper yang ditabraknya di jalan. Temenku ini berterima kasih sekali karena kopernya ditemukan dan diantar lagi. Yang menurutku jadi makin teringat cerita ini adalah, bul* nya itu juga minta maaf, karena kopernya agak peyok tertabrak mobilnya, dan dia bersedia menggantinya. Ya jelas temenku nggak meminta ganti. Udah ditolong masak masih mau minta ganti.

Tapi dari kejadian itu jadi makin mengerti, betapa lingkungan itu sangat mempengaruhi pola pikir seseorang. Saat di OZ, saya menemui lumayan banyak kejadian yang membuka wawasan gitu. Nggak semuanya menyenangkan sih, ketemu bul* yang bikin dongkol juga pernah๐Ÿ˜€.

Apakah sahabat pernah mengalami masalah dengan koper?

53 thoughts on “Koper

  1. semoga ga pernah mengalami kejadian sama koper. etapi pernah ding dulu. yang dibongkar justru kardus isi makanan. parah banget, beberapa makanan diambil… cuman keripik sih tapi kok ya…

  2. ntah ini masalah ato bukan kali ya… waktu berangkat dari jakarta ke Balikpapan, ketika buka koper ternyata isinya lain, ternyata kopernya berangkat ke Makassar, jadi orang yang berangkat ke Makassar yang dibuka koper saya. Mungkin karena sama atao gimana ya, seharusnyakan nomor ada dan gak bisa ke tuker…. akhirnya besok baru bisa kerja nunggu koper dikirim dari makassar…

  3. yang ditakutkan, jika dibuka tidak di depan si pemilik, setelah itu dimasuki barang2 terlarang seperti narkoba dan sejenisnya. kalo seperti itu siapa yang bertanggung jawab. bukanya dicongkel lagi.๐Ÿ˜€
    itu kalo Agnes nggak berkicau, mungkin media nggak membesarkan berita itu, padahal yang dialami Ages itu hanya salah satu dari ribuan kejadian di bandara soeta.

  4. belum pernah sih Wong, semoga nggak akan pernah deh๐Ÿ™‚

    yg kamu ceritakan dgn bu** itu juga beberapa kali kualami di sini, hampir mirip, makanya aku merasa nyaman sekali hidup di kampung suamiku sini, kejujuran msh gampang ditemui di mana mana๐Ÿ™‚

  5. Alhamdulillah …
    Saya belum pernah mengalami masalah dengan koper …

    satu-satunya masalah … adalah … saya lupa nomer kode gemboknya … atau saya lupa naruh kunci gembok pengunci koper …
    akibatnya … ya di gergaji bouw …

    hahahah

    salam saya Hind

  6. Sudah saya ingat dan saya rasa, saya belum pernah memakai koper, Mas.๐Ÿ˜†
    Aku belum pernah pergi jauh2 si. ..๐Ÿ™‚

    Oiya, aku tau artis itu siapa.๐Ÿ˜›
    Haduuuh, kalau kehilangan koper digembor2kan di media massa koq rasanya gima gituuu. Ya walaupun dia kehilangan beberapa barang, seharusnya jangan di publikasikan kali ya? Nama negara jadi kena juga deh.๐Ÿ™‚

    • wah, mbak Idah belum pernah ngalami sih.
      itu kalo orang biasa yg berkicau pasti nggak digubris. dan bandara yang paling banyak malingnya itu dari dulu ya itu. meskipun si artis nggak berkicau, udah terkenal malingnya dari dulu. orang luar yang curhat tentang bandara soeta jg banyak.
      si artis mengalami itu karena sudah beberapa kali, kalo dibiarkan terus pasti akan tumbuh subur malingnya, gimana bisa maju.

  7. Tertukar karena mirip alias koper foto copy dan tidak memperhatikan no seri bagasi pernah Mas namun masih di area pengambilan sehingga cepat terselesaikan. Semoga ke depan tidak ada masalah salam

  8. Belum pernah sampai hilang dan semoga ga pernah…Aamiiin.. Paling kemarin sih pas lagi jalan2 masalahnya cuma pas mau drop in bagasi. Kami pesan 3 koper dengan berat keseluruhan 80kg.. Dikira bisa masukin 2 koper aja tapi beratnya 80 kg.. ternyata ga boleh.. harus 3 koper, kalo ga lebihan dari 2 koper itu dianggep overweight. Akhirnya ya bongkar koper di depan konternya trus pindah2in barang deh, supaya ngepas >__<

    itu termasuk bermasalah sama koper ga ya?๐Ÿ˜›

  9. ternyata sejak dulu bandara masih di Halim PK, sampai sudah pindah ke SoeTa….
    ada saja oknum yang lancang membongkar lantas mengambil isi koper penumpang di bandara ….*menyedihkan*

    semoga saja gak mengalami kehilangan , ketukar ataupun kebobolan koper akh….๐Ÿ™‚
    salam

  10. Akuuu juga orang Asia yang baik lohh๐Ÿ˜›
    Belum pernah sih bagasiku diapa-apain, tapi sering pas lagi ambil bagasi di conveyor belt, ada ibuk-ibuk marah-marah keras keras karena oleh olehnya ilang kabeh di tasnya… doh gak tau lah…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s