Bersih-bersih yuk …

Bersih-bersih merupakan kegiatan sehari-hari yang sering kita lakukan. Entah itu bersih-bersih rumah, bersih-bersih kost maupun bersih-bersih lingkungan. Tetapi pernahkah sahabat bersih-bersih di sekolah?

Dulu waktu kecil (masih SD), saya masih ingat pada waktu-waktu tertentu, para siswa diminta untuk membawa peralatan kebersihan: sapu, serok sampah, kemoceng, cetok dan sejenisnya. Kalau tidak salah ingat, kegiatan bersih-bersih ini dilakukan menjelang 17 Agustusan. Disekolah kami lalu bersih-bersih ruang kelas dan halaman sekolah. Mencabuti rumput, menyapu halaman, membersihkan jendela.

Rasanya sudah lama sekali saya tidak ikut bersih-bersih sekolah. Kegiatan bersih-bersih ini saya temui lagi saat di Taiwan. Untuk graduate student, satu semester sekali, kami membersihkan lab masing-masing. Mengeluarkan kursi-kursi lalu mengepel lantai, membersihkan jendela, membuang barang-barang tak terpakai. Satu semester sekali sih rasanya nggak terlalu berat. Tetapi untuk mahasiswa S1 yang baru masuk, ada SKS khusus tentang bersih-bersih.ย  Setahu saya, seminggu sekali tiap mahasiswa akan mendapat jatah bersih-bersih jurusan. Mereka akan menyapu dan mengepel lantai, menyapu halaman, maupun membersihkan papan-papan pengumuman. Sepertinya hanya kamar mandi dan WC aja yang tidak disentuh (sudah ada petugas khusus sih). Bersih-bersih ini dilakukan pas jam istirahat makan siang, jam 12-13. Setelah selesai, mereka akan berkumpul, kayaknya sih untuk absen. Meskipun wajib di ambil, tetapi SKS ini nggak di hitung. Kalau diterapkan di kampus-kampus di Indonesia, mahasiswanya pada protes nggak ya๐Ÿ˜€

Apakah sahabat memiliki kenangan tentang bersih-bersih di sekolah?

58 thoughts on “Bersih-bersih yuk …

  1. wahhh pernah banget mas…dlu sewaktu SD setiap hari sabtu kita dapet giliran masing2 buat bersihin kelas pake ampas parutan kelapa itu mas….biasanya kita nyari ke rumah2 makan…๐Ÿ™‚
    ampasnya itu digunakan agar lantai kelas kinclong๐Ÿ™‚

  2. Apresiasi dengan sistem pembentukan ‘rasa memiliki dan menjaga’, eh nitip sambil mempelajari strategi dan esensinya Mas biar bisa diadopsi saat pulang studi nanti. salam

  3. kalo awal masuk sekolah aku selalu mengajukan dari jadi tim penyusun jadwal piket kelas
    biar bisa liat kalender hari apa yang paling banyak tanggal merahnya
    biar pas aku piket banyak liburnya

  4. dari SD sampai SMA ada jadwal piket yg antara lain tugasnya:
    – pagi nyapu kelas, ambil kapur, nulis di papan siapa2 aja yg gak masuk
    – siang nyapu kelas lagi, menghapus papan tulis, naik2in kursi ke meja

    di tempatmu ada jadwal piket gak? *mlh balik tanya

      • bener tuh bang Wong, saking aktifnya tong sampah jadi sasaran, giliran ancur buang sampahnya sembarangan. bahkan ada yg buang sampahnya di kolong meja belajar sekolah termasuk saya dulu pernah ngelakuinnya wkwkwkwkwk…….

  5. ada kenangan khusus tentang bersih2 di sekolah
    dulu sewaktu di SMA , setiap kali musim hujan datang, pastinya sekolah kami kebanjiran
    dan….senangnya ,pasti dong , jadi libur …hehehe๐Ÿ˜›
    tapi, gak enaknya, begitu masuk sekolah, yaaaa…kita rame2 bersih2 , masing2 kelas , mana baunya minta ampun lagi …๐Ÿ˜ฆ

    salam

  6. Senang banget pas bersih2 sekolah. Suasananya selalu ceria, meskipun badan lelah๐Ÿ˜€
    Ehm, dulu waktu saya kuliah, saya dan teman2 dapat jadwal piket seminggu sekali, karena waktu itu belum ada petugas kebersihan kampus.

  7. waktu SD dulu bawa arit untuk bebersih rumput di halaman sekolah,
    ada yang bawa pacul juga…., kalau bersihkan kelas ada hari piketnya
    sekarang sih anak sekolah nggak pernah piket bersihkan kelas, karena sudah ada OB

  8. Wuih, keren jg ya Wong bersih2 begini dijadikan SKS tapi ga dihitung, kebayang kalo diaplikasikan di sini banyak yg ‘nitip’ absen ajah hahahahaha

  9. dulu kan ada acara piketnya Mas..Jadi tiap minggu kita pasti kebagian piket..giliran dalam membersihkan kelas atau bawa taplak meja dari rumah..:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s