Berbagi lewat video

Kalau kita melihat sejarah, peran pemuda terhadap bangsa ini sesungguhnya sangat besar. Peristiwa-peristiwa penting yang membelokkan perjalanan bangsa ini banyak di motori oleh pemuda. Salah satunya adalah Sumpah Pemuda,yang kita peringati pada hari ini. Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak sejarah penting berdirinya bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda yang dilaksanakan pada tanggal 28 Oktober 1928 di gagas oleh Perhimpunan Pelajar Pelajar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggota pelajar dari seluruh Indonesia. Selain Sumpah Pemuda, ada gerakan mahasiswa tahun sekitar tahun 1966 yang menandai berakhirnya era Orde Lama, lalu gerakan Reformasi sekitar tahun 1998 yang menandai berakhirnya era Orde Baru.

Gerakan-gerakan itu menunjukkan bahwa pemuda memiliki potensi yang sangat besar untuk memberikan kontribusi kepada bangsanya. Jika akhir-akhir ini berita tentang pemuda banyak di nodai dengan adanya berita tawuran, tentu kita merasa prihatin. Energi yang sebenarnya bisa dipakai untuk hal-hal positif, justru dipakai untuk berantem.  Sebagai pelajar yang sedang menimba ilmu di negeri orang, tentunya kami juga ingin bisa berkontribusi positif bagi nusa dan bangsa. Setidaknya menjadi duta bangsa di sekolah😀.

Pada bulan ini, kami baru saja merilis video dokumenter pendek tentang riset yang dilakukan oleh salah seorang rekan kami, mahasiswa master di jurusan bioteknologi. Risetnya berhubungan dengan pemanfaatan gingseng untuk ibu-ibu hamil. Video kami ini diberi nama WARTA PPICYCU. WARTA PPICYCU yang baru saja kami luncurkan ini merupakan episode yang ketiga (setelah mati suri setahun lebih🙂 ).

Ide pembuatan video semacam ini berasal dari PPI Australia (Victoria khususnya). Tujuannya adalah “mensosialiasikan proses dan/atau hasil studinya secara efektif ke Indonesia dan seluruh penjuru dunia melalui video dokumenter singkat”. (Lingkar Ide PPIA).

Ide-ide mahasiswa ini diharapkan dapat “membakar semangat rekan-rekan mahasiswa di Indonesia, dan diseluruh dunia, untuk terus terbuka dan kritis dalam menuntut ilmu, sehingga dapat menghasilkan terobosan-terobosan keilmuan yang dapat menjunjung tinggi nama baik Indonesia dikancah penelitian internasional”. (Lingkar Ide PPIA).

Tergerak oleh ajakan mensosialisasikan ide-ide ini, maka WARTA PPI CYCU hadir untuk mensosialisasikan ide-ide dari mahasiswa di CYCU. Di Taiwan sendiri, WARTA PPICYCU kemudian disusul oleh Lentera Ide. Selain di Taiwan, kegiatan ini juga sudah dilakukan oleh Perpika, Korea.

Jika sahabat tertarik, silahkan menyimak episode terbaru WARTA PPI CYCU. Semoga berkenan.

42 thoughts on “Berbagi lewat video

  1. Salut dengan rekan-rekan pemuda yang kreatif dan berprestasi. berbagi untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia tercinta. Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 oktober 2012 dan Selemat hari Blogger Nasional 27 Oktober 2012. Semoga pemuda Indonesia terus memberikan kontribusi pada bangsa dan negara

  2. wah sekarang emank antara dua hari besar yang pertama hari blogger yang kedua hari sumpah pemuda akan tetapi bagaiman sjarah ttg hari blogger nas ane malah belum tahu tuh

  3. Aktualisasi Sumpah Pemuda dalam karya anak bangsa,
    Bravo PPI CYCU, Apresiasi tuk Rica, research yang sangat bermanfaat tuk industri farmasi yang aman bagi janin. Eh selamat juga atas kerja apik Mas koordinator produksi. Selamat berjuang para sahabat muda. Salam

  4. Memang visual umumnya lebih cepat penyampaiannya dibanding dengan verbal. Jadi sharing apapun melalui video seperti ini pun sekarang banyak yang sudah mengikutinya. Keren, jadi dengan media apapun kita bisa sampaikan informasi….🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s