Jam biologis

Entah mengapa, banyak orang ketika menjadi mahasiswa jam biologisnya berubah. Kalau normalnya, orang akan aktif di siang hari dan tidur di malam hari. Tetapi banyak mahasiswa yang terbalik, aktif di malam hari, tidur disiang hari. Mungkin karena merasa kerja di malam hari lebih tenang kali ya, jadi bisa lebih konsentrasi.

Begitu juga denganku. Awal-awal datang dulu ritme tubuh masih normal, entah kenapa, lama-lama bergeser juga. Mungkin tersugesti teman-teman lainnya. Jadi sekarang ini, saya lebih sering ngelab dari siang/sore sampai lewat tengah malam. Rasanya otak ini lebih lancar bekerja kalau pas malam. Untung saja pembimbingku tidak menerapkan jam kerja lab๐Ÿ˜€.

Karena kerja sampai dini hari, kadang-kadang kena midnight starving juga, alias kelaparan tengah malam. Kalau waktu di kampung dulu warung burjo dan angkringan menjadi tempat sasaran jika kelaparan tengah malam. Tapi disini kan nggak ada itu warung burjo dan angkringan. Ada sih toko yang buka 24 jam, sevel dan sejenisnya, tapi harganya tidak ramah di kantong.

Roti pengganjal perut di malam hari

Untungnya kampusku dekat dengan pasar malam, yang masih aktif sampai j 1 dini hari, bahkan ada satu langgananku yang masih jualan sampai j 4 pagi. Jadi sangat tertolong deh.ย Tapi pasar malam di dekat sekolahku bukan area khusus sih, hanya memakai pinggir jalan gitu, jadi nggak spesial dan lagi kendaraan masih bisa lewat. Taiwan memang terkenal dengan pasar malamnya, hampir disetiap daerah ada pasar malam. Di pasar malam ini banyak dijual makanan serta baju-baju. Kata pak Jokowi, konsep pasar malam di Taiwan (sepertinya sih pasar malam di Shilin dan Ximen di Taipei, keduanya cukup terkenal), diadopsi juga untuk menata PKL di Solo. Jadi penasaran deh gimana suasana pasar malam yang di Solo.

pasar malam dekat sekolah๐Ÿ™‚

Oya, saking dekatnya kampusku dengan pasar malam, temenku sampai bilang kampusku ini kampus pasar malam. Lha begitu keluar gerbang sekolah, langsung terasa suasana pasar malam he.he.he. Kalau pas bosen di lab, tinggal jalan-jalan aja di pasar malam. Tapi nggak enaknya memang jadi ingin beli-beli ini itu.

Sebenarnya sering kerja sampai larut malam gini tidak bagus juga untuk tubuh. Tapi sulit juga untuk merubahnya menjadi normal lagi. Eh, tapi kalau pas mudik, jam biologisku bisa normal dengan cepat lho. Tidak tahu juga sih kenapa disini sulit sekali melakukannya. Mungkin niatnya kurang kali ya … hi.hi.hi…

Apakah sahabat pernah mengalami perubahan jam biologis?

85 thoughts on “Jam biologis

  1. Sedang studi di Taiwan Mas? Wah, pasti menyenangkan ya pengalaman belajarnya.๐Ÿ˜€
    Saya pribadi seorang nocturnal mas, jam 1 malam itu terbilang masih terlalu pagi untuk tidur. Terkadang kalau belum benar-benar mengantuk, baru bisa beristirahat sekitar jam 2 atau jam 3 pagi.๐Ÿ˜€

  2. pasar malamnya rapi banget mas.. keren!

    Kalau aku dulu pas kuliah seh gak pernah berubah pola biologisnya, soalnya gak suka makan malam seh walopun tidur biasanya sampe subuh, paling kalau laper ngemil kacang aja๐Ÿ˜€

  3. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    Alhamdulillah kita masih diberi ALLAH SWT , nikmat umur buat menyambut Idul Adha tahun ini,
    semoga rahmat dan karunia ALLAH SWT selalu menyertai kita semua,
    selamat merayakan Hari Raya Idul Adha,
    bila ada salah dan khilaf dalam kata serta sikap selama ini, mohon di maafkan lahir dan batin.
    Wassalam

  4. Ea nih mas..hal yg sama jg sy alamin..๐Ÿ™‚
    Walau besok pagi nya hrs kerja.. Susah bgt klw udh di dpn lyr monitor compi.. Buat beranjak kekasur..๐Ÿ™‚

    Padahal teriakan sama jeweran dari istri sering menghampiri wkwk…๐Ÿ˜€
    Salam knal ya mas๐Ÿ™‚

  5. perubahan jam bilogis saya sejak selesai SMA. lebih suka melek malam hari sampai sekarang. hehehe:mrgreen:

    eh, kalau di Solo itu, Jokowi menerapkannya di daerah Ngarsopuro. Di sekitar Surakarta juga banyak diterapkan oleh pihak kelurahan secara berkala. baru2 saja gang deket kos2anku mengadakan pasar malam yang diselenggarakan oleh pihak Kelurahan selama seminggu.

  6. kuliah di taiwan mas? ambil apa?
    keren, bikin iri๐Ÿ™‚

    dulu saya kuliah kelas karyawan, sabtu, minggu, jarang sech ngerjain tugas malem, keseringan ngerjain tugas di kantor, pas kerjaan dah beres ๐Ÿ™‚
    skripsi aja hampir 90% beres di kerjain di kantor๐Ÿ˜€

  7. Kalau gak didaerah sendri memang susah menyesuaiakan koq, mas.
    Akujuga seperti itu.

    Kalau di kosan tidur bisa jam 23.00 WIB, tapi kalau lag dirumah jam 20.00 WIB udah tidur.
    Menurutku karena faktor lingkungan saja. hihihihi

  8. sebagai seorang ibu, apalagi kalau anak2nya masih kecil2 atau balita…..biasa deh dengan jam biologis yang kacau gitu …..
    apalagi kalau pas anak sakit dan rewel semalaman, tapi pagi hari tetap bangun seperti biasa walaupun kurang tidur….๐Ÿ™‚
    salam

  9. Samaaa… sejak kuliah jadi sering begadang… tapi bukan karena nggarap tugas sih, internetan๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€
    Eh kemarin ambruk juga, sakit, jadilah jam biologisnya ganti lagi, setengah hari tidur teruuus๐Ÿ˜€

  10. Pingback: BBQ | cet4k cet1k cet0k

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s