Double Ten Day

Double Ten adalah hari peringatan Wuchang Uprising (武昌起義), atau disebut juga revolusi Xinhai,  yaitu sebuah revolusi yang dimulai pada tanggal 10 Oktober, 1911, yang mengakibatkan keruntuhan dinasti Qing di Cina dan menandai berdirinya Republic of China (ROC). Keruntuhan ini juga mengakhiri era dinasti di Cina yang telah berlangsung selama ribuan tahun. Revolusi ini disebabkan oleh ketidakpuasan rakyat terhadap pemerintahan yang korup, adanya ekspansi asing ke Cina dan kecemburuan terhadap orang Manchu (orang-orang dari Asia bagian timur laut ) yang menguasai orang Han.

Dr. Sun Yat Sen merupakan salah satu tokoh penting dalam revolusi tersebut, yang kemudian juga menjadi president pertama Republic of China (ROC). ROC sendiri berdiri pada tanggal 1 Januari 1912. Sebagai pendukung nasionalis Cina, Dr. Sun Yat Sen banyak menghabiskan waktu di negara barat dan mendirikan Revive China Society di Hawaii. Salah satu filosofi politik Dr. Sun Yat Sen yang terkenal adalah ‘Three Principles of the People‘ yang dapat diringkas sebagai nasionalisme, demokrasi dan kehidupan masyarakat/hajat hidup masyarakat (the people’s livelihood).

Setelah revolusi ini, di Cina banyak terjadi perselisihan dan perebutan kekuasaan. Pada tahun 1921, berdirilah partai komunis Cina, Communist Party of China (CPC) di Shanghai. Partai ini didukung oleh Soviet. Kemunculan partai ini semakin melemahkan kaum nasionalis dengan  partai Kuomintang-nya (KMT). Perselisihan ini menyebabkan terjadinya perang sipil yang berkepanjangan (1927-1950). Akhirnya, pada tahun 1949 CPC berhasil memenangkan perang dan mendirikan negara  People’s Republic of China (PRC di Indonesia sering disebut Republik Rakyat Cina atau RRC). Dan para pendukung ROC pun berpindah ke Taiwan. Lebih dari 1,5 juta warga sipil dan tentara yang pindah ke Taiwan, menyebabkan populasi di Taiwan meningkat tajam menjadi sekitar 7 juta (pada saat itu).

Double Ten Day diperingati baik di Cina daratan maupun di Taiwan, akan tetapi dengan perspektif yang berbeda. Di Cina daratan Double Ten Day dikenang sebagai awal dari revolusi Xinhai yang dihubungkan dengan Dr Sun Yat Sen sebagai bapak bangsa. Di Taiwan, Double Ten Day diperingati layaknya hari kemerdekaan, dengan mengibarkan bendera kenegaraan, menyanyikan lagu kebangsaan serta diikuti dengan parade  militer.

Setelah mengetahui sedikit tentang sejarah berdirinya negara Taiwan, saya jadi sedikit terbuka tentang perbedaan ROC dan RRC😀. Dan jadi tahu mengapa di dokumen-dokumen resmi sekolah, tahun berbeda dengan yang biasanya, misalnya tahun ini adalah tahun 101. Ternyata tahunnya dimulai dari berdirinya ROC.

*hasil baca di berbagai tulisan online🙂

NB: kalau sahabat tahu ada informasi yang salah dengan postingan ini mohon di koreksi. Maklum ilmu sejarah saya cukup payah he.he.he.

54 thoughts on “Double Ten Day

  1. sebelum para pendukung ROC pindah ke Taiwan., apakah sebelumnya sudah ada negara bernama “Taiwan”?
    atau Taiwan itu adalah negara yang dibentuk oleh para pendukung ROC?

    konon kebijakan RRC terkait interaksi dengan ‘dunia luar’ berbeda dengan Taiwan ya?
    teman saya dulu sempat ragu studi lanjut ke Taiwan karena khawatir kalau pemerintah Taiwan melakukan blokir Facebook dan situs populer lain [seperti yang dilakukan di RRC] yang bisa digunakan untuk komunikasi dengan keluarga di Indonesia.

    ternyata kekhawatirannya tidak terbukti🙂

    terima kasih sharingnya.

    • Sebenarnya status Taiwan sebagai negara masih abu-abu. Tentu saja bagi orang Taiwan, mereka menganggap bahwa mereka adalah negara merdeka, sedangkan bagi orang China, Taiwan dianggapnya sebagai bagian dari China dengan otonomi khusus (meskipun mata uangnya berbeda dan bisa dibilang pemerintahan di Taiwan independent). Itulah sebabnya tidak semua negara mengakui Taiwan sebagai sebuah negara, termasuk Indonesia. Setahu saya, sebelum pendukung ROC invasi ke Taiwan, Taiwan sendiri hanyalah sebuah pulau biasa dan memang sudah banyak orang dr Cina yg berhubungan dengan pulau ini secara ekonomi. Setelah pendukung ROC di mainland kalah, mereka memindahkan pemerintahannya ke Taiwan dan kekuasaannya hanya terbatas di pulau Taiwan dan sekitarnya.
      Kalau RRC di dukung Soviet, maka Taiwan ini di backing Amerika, makanya mereka American minded. Tetapi sekarang ini hub Taiwan & RRC secara ekonomi cukup baik banyak pabrik Taiwan yg dipindahkan ke Cina. Tetapi secara politik ya masih abu-abu🙂 . Tinggal di Taiwan lumayan enak sih, negaranya bebas, terbuka gitu.

  2. masuk ke sini dengan theme wp yang sama.. bikin kaget juga..
    biasa cerita tentang Thai kenapa jadi Taiwan?.. hehe
    tapi serunya kita bisa saling berbagi cerita ya..

  3. china dan taiwan itu musuhan tapi wagu
    tinggal dileyek aja beres tapi china cuma berkoar koar doang sementara pengusaha taiwan banyak yang investasi di china ga diusir. hehe

  4. Sun Yat Sen… Pernah dengar nama ini pas pelajaran sejarah. Tapi baru kali ini baca tentang sejarah Taiwan. Tentu hubungan mereka hingga sekarang masih dingin ya..🙂

  5. terimakasih lewat postingan ini saya merasa terbantu dalam mengerjakan presentasi sejarah yang membahas double ten day 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s