Moon festival

Tanggal 30 September bertepatan dengan moon festival atau mid-autum festival. Moon festival ini diadakan pada tanggal 15 bulan 8 dalam kalender Cina. Di Taiwan, mestinya perayaan ini merupakan hari libur nasional, sayangnya tahun ini bertepatan dengan hari minggu, jadi ya tidak ngefek sih😦. Untuk sejarah moon festival, bisa di lihat di Wikipedia.

Pada hari itu, biasanya banyak orang akan barbeque. Tetapi mengingat tahun ini jatuh di hari minggu, maka banyak yang melakukan barbequenya dihari Sabtu. Ada sejenis kue yang khusus dibuat pada perayaan ini sehingga sering disebut dengan moon cake. Di sekolah, biasanya para pengajar akan mendapatkan banyak parcel Moon cake ini (mungkin karena berdekatan dengan Teacher’s day ) dan sebagian akan dibagi-bagi untuk anak-anak lab (lumayan dapat gratisan :D). Tahun ini sekolah juga memberikan bingkisan Moon cake dan Pamelo (jeruk bali) untuk mahasiswa Internasional. Saya nggak tahu juga kenapa Pamelo yang dijadikan buah untuk perayaan ini.

Happy holiday meskipuntidak ada libur tambahan

Secara semester ini ada beberapa mahasiswa Indonesia yang baru datang, maka pada tanggal 30 September tersebut kami mengadakan masak memasak untuk penyambutan mahasiswa baru.  Untuk jenis masakan, kami memilih masakan Indonesia, sepertinya ini lebih untuk memuaskan kerinduan mahasiswa lama akan makanan Indonesia (kalau mahasiswa baru kan kan belum begitu kangen masakan Indonesia hi.hi.hi.). Semester ini hanya ada 4 mahasiswa baru asal Indonesia. Dan pada acara tersebut ada 2 mahasiswa luar Indonesia yang ikut bergabung, satu dari Kyrgyzstan dan satu dari Kazakhstan.

Asal mahasiswa baru dari kiri ke kanan : Kyrgyzstan, Indonesia, Kazakhstan

Acara intinya sih makan-makan, jadi selesai masak trus perkenalan singkat dari mahasiswa baru lalu makan deh. Setelah makan dilanjut dengan sesi curcol (biasalah, kalau lagi ngumpul-ngumpul gini kan emang enak bisa curcol pakai bahasa sendiri he.he.he). Meskipun tidak semua mahasiswa Indonesia di kampusku bisa datang, tetapi lumayanlah bisa ngumpul-ngumpul sambil ngobrol-ngobrol ringan plus ketawa-ketawa.

sesi curcol😀

Happy moon festival untuk sahabat yang merayakannya …

50 thoughts on “Moon festival

  1. kalau kata Bang Haji, “kalau sudah tiada… baru terasa…” *nyanyi😀
    Pas lagi di Indonesia, pengennya makan spageti atau sushi. Pas ada di luar negri, jadinya kangen sama nasi goreng ikan asin atau sambal terasi😀

  2. taiwan emang asik untuk urusan festival dan kuliner ya…
    ibue suka ngajak kesana katanya kangen jajan di pasar malam dekat 101
    sayang aku belum ada waktu mulu. juga belum ada duitnya, hehe

  3. yaaa….nasib deh, holiday tapi gak ngefek …hehehe😛

    momen silaturahim yg asik ini ya, bisa melepaskan kangen pd makanan negeri sendiri sekaligus curcol dlm bahasa sendiri juga🙂
    salam

  4. Pingback: BBQ | cet4k cet1k cet0k

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s