Inovasi

Belum terlalu lama, apel kroak meluncurkan produk baru, yang sudah sampai versi 5. Yang versi 1 aja saya belum punya, eh, tahu-tahu udah sampai versi 5, dan masih tetap belum terbeli😀. Tentu saja versi baru ini harus memiliki spesifikasi yang berbeda di banding versi sebelumnya. Kalau sama kan namanya bukan versi baru. Memang di era sekarang ini, produk-produk memiliki siklus yang semakin pendek. Hal ini mungkin disebabkan oleh persaingan yang semakin ketat, apalagi di segmen gadget ini. Hampir tiap beberapa bulan sekali muncul produk baru dari berbagai produsen.

Saya masih ingat, dulu handphone masih berukuran besar. Lalu produsen berlomba-lomba membuat ukuran handphone mengecil. Selain ukuran, mereka juga bersaing dalam hal lain, ada yang mengandalkan kualitas, ada juga yang mengandalkan tampilan. Setelah ukuran handphone mengecil, sampai tidak nyaman dipakai karena terlalu kecil, maka strategi pun diubah. Lalu muncullah berbagai feature baru yang lebih menitik beratkan pada kecanggihan dan kepraktisan. Hal ini yang mendasari munculnya trend piranti canggih. Fasilitas yang ditawarkan pun menjadi daya tarik yang cukup kuat.

Dan karena kelengkapan fasilitas alat itu sudah melebihi kebutuhan fungsional dasar, maka produsen perlu merubah image alat tersebut. Sehingga gadget tidak lagi diposisikan sebagai alat saja, tetapi dijadikan sebagai gaya hidup. Dan kalau sudah menyangkut gaya hidup, ya orang rela merogoh kantong lebih dalam. Ah, para produsen itu memang lihai hal-hal beginian.

Inovasi harus terus berjalan. Selalu ada cara yang lebih baik. Hal itulah yang mendorong bermunculannya produk-produk baru. Jika mereka berhenti berinovasi, maka dengan sendirinya mereka akan tenggelam oleh pemain-pemain baru yang lebih agresif, dinamis dan kreatif. Beberapa perusahaan besar yang telah bertumbangan menjadi bukti kerasnya persaingan tersebut.

There is always a better way

Dan sepertinya, persaingan hidup juga ibarat persaingan dagang. Seperti halnya produk-produk yang memiliki feature lebih baik akan cenderung lebih sukses di pasaran, maka individu yang memiliki feature lebih baik juga akan memiliki peluang sukses lebih besar. Untuk menghasilkan produk yang baik diperlukan persiapan yang baik (riset, uji coba dsb), begitu juga dengan individu. Supaya bisa memiliki kualitas yang baik, tentu diperlu pula persiapan yang baik. Saya jadi ingat pesan salah seorang guru SMP saya saat menjelang ulangan, “Persiapkanlah bekal (belajar) dengan baik, sehingga saat ujian tidak hanya mengandalkan keberuntungan.” Dan saya memang merasa bahwa nasihat ini bisa di terapkan di banyak segi kehidupan. Meskipun keberuntungan itu kadang juga diperlukan, tetapi usaha lebih menentukan (dan juga lebih bisa kita kendalikan).

Sudah ah, kok jadi serius begini. Padahal tadinya cuma mau nulis saya belum punya budget untuk beli gadget.😀.

Saya sih tidak terlalu mengikuti perkembangan gadget.  Bagaimana dengan sahabat?

26 thoughts on “Inovasi

  1. hehehe kita sama2 menulis tentang INOVASI walau beda tujuan

    saya juga tidak terlalu ngikutin perkembangan gadget, karena takut mupeng padahal gak mampu beli.
    abis yang ‘rasa’ apel gitu kan gak ada yang harganya kayak kesemek hehehe

  2. TOS…saya blm pnya gadget, yg ada hape asal bisa utk telepon es-em-es, jd saya juga gak merhatiin perkembangan gadget. Juga gak terpengaruh meski apel growak dan samsung rebutan si paten itu

  3. hehehehe saya juga dari dulu mau punya apple kroak tapi ga bisa bisa…. hiks…

    hidup memang perlu persiapan, sehingga kalau ada kebetulan kebetulan kita sudah siap menerimanya dengan sabar…
    suka dengan tulisan yang ini..

  4. Di situ i5 dijual yg factory unlock gk? Kalau ada, nitip donk. Di sini semua dilock provider. Gk bisa dipakai di Indo deh….
    (lho, mlh transaksi!!)

    • kalau pas pulang emang nggak minta di unlock ke providernya? mestinya mereka mau kalau kita alasannya going overseas.
      Kalau di Taiwan aku nggak tahu ada yg unlock nggak. Ntar aku tanyakan temenku …

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s