Semerbak mewangi di tengah malam

Pada suatu malam, waktu sudah menunjukkan lewat tengah malam, suasana kampus terlihat temaram. Sudah tidak terlihat orang jogging di sekitar lapangan rumput yang ada di tengah kampus. Kampusku memang sering dipakai untuk jogging ataupun senam oleh penduduk sekitarnya. Pada musim panas, seringkali masih terlihat beberapa orang jogging hingga larut malam. Saat pertama kali datang, aku heran juga kok ada orang yang masih jogging meski sudah larut malam. Tapi lama-lama terbiasa juga.  Sedangkan di pagi hari, banyak yang jogging atau melakukan senam Tai Chi. Biasanya yang senam di pagi hari adalah mereka yang sudah berusia lanjut, sedangkan yang jogging dimalam hari umumnya masih muda-muda.

Terlihat sinar lampu di beberapa lab memancar dari gedung-gedung di kiri kananku. Biasanya menjelang akhir semester, semakin banyak yang menyala hingga pagi hari, tapi malam itu hanya terlihat beberapa saja. Dikejauhan, tampak beberapa mahasiswa sedang melangkah pulang, seperti halnya diriku. Aku berjalan pelan, lalu berbelok menuju pintu kecil dekat tempat parkir motor, yang memisahkan area kampus dengan rumah-rumah penduduk. Aku memang sesekali melewati jalan itu, tetapi jarang kulakukan saat sudah larut malam. Di dekat pintu kecil tersebut ada beberapa rumah tua yang tidak terawat dan sebagian sudah rubuh.

Rumah tua

Tiba-tiba aku mencium aroma wangi yang kuat sekali. Sepontan aku menoleh ke kiri dan ke kanan. Di sekitar situ tidak tampak ada orang. Hhmmm. Lalu aku teringat, dulu di depan rumah pk De ada tanaman (sepertinya sih melati) yang jika berbunga, memancarkan harum yang cukup kuat terutama di malam hari. Simbah putri (nenek) suka duduk-duduk di dekat tanaman itu pada malam hari jika tanaman itu sedang berbunga.

Aku kembali menenggok kiri-kanan, mengendus-endus, mencari sumber bau itu. Tak perlu waktu lama untuk mencari sumber aroma wangi tersebut. Sumbernya berasal dari tanaman yang merambati atap pintu keluar kampus.  Tanaman yang merambat itu bunganya mirip melati (ini menurutku yang awam soal tanaman)😀.

Sumber wangi itu ternyata bunga ini

Dan sepertinya, siklus bunga ini pendek sekali, karena ketika lewat jalan itu lagi beberapa hari setelahnya, bunganya tinggal sedikit dan sudah tidak wangi lagi.

beberapa hari sesudahnya

Siang berikutnya saya lewat jalan itu lagi. Ternyata penampakan bunga tersebut saat siang hari adalah seperti ini.

Penampakan pada siang hari

Apakah rekan-rekan tahu nama bunga itu ?

51 thoughts on “Semerbak mewangi di tengah malam

  1. Banyak sekali bungan menebarkan aroma wangi seperti itu pada malam hari. Di depan rumah saya ada bunga sedap malam, kalau pas berbunga, malamnya akan tercium aroma wangi yang bisa menimbulkan persepsi macam2 bagi sebagian orang.

  2. Pingback: Pesona Wangi Wedani | RyNaRi

  3. Quisqualis indica alias wundani alias melati belanda. Mekar sore menjelang malam, awalnya berwarna putih, trus berubah warna jadi merah…🙂

  4. Itu adalah bunga Quisqualis indica. atau dalam bahasa jawanya bunga Wedani atau Ceguk.
    ada juga yang menyebut melati belanda.
    kl di vietnam disebut rangoon creper

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s