Bā Bā – hari ayah

Karakter 八 (Bā) berarti 8. Karakter ini memiliki pelafalan yang mirip dengan karakter 爸 (Bà) yang berarti ayah. Saya sering bingung dengan kedua karakter ini karena di telinga saya sama-sama terdengar Pa (B dalam bahasa mandarin dibaca P), bedanya hanya di intonasinya. Bā diucapkan datar sedangkan Bà diucapkan dari nada tinggi ke nada rendah (kadang saya merasa intonasi ini seperti orang menghardik).

Karena ayah sering  dipanggil dengan bà-bà, maka setiap tanggal 8 bulan 8 (kalau ditulis menjadi bā bā) di Taiwan diperingati sebagai hari ayah.

Jadi, hari ini di Taiwan adalah hari ayah.

Kalau di Indonesia, ada tidak ya hari ayah? Karena kok saya tidak pernah mendengarnya😀 .

Selamat hari Ayah.

40 thoughts on “Bā Bā – hari ayah

  1. saya tuh bingung banget tuh dengan tanda tanda itu.. gimana pelafalan suaranya untuk suara suara itu… hehehehe..

    di indonesia ikut father daysnya amerika kelihatannya…

  2. Saya belajar bahasa mandarin nggak nyantol-nyantol, tuh… hihi..

    Kayaknya hari ayah di Indonesia nggak begitu ‘berkumandang’😀

    makasih udah mampir di dewifatma.blogspot.com, ini saya komen pake akun lain yang sesama WP, soalnya komen pake blogspot nggak diterima di WP kayaknya😦

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s