A beautiful mind

Dari judulnya saya yakin rekan-rekan tahu apa yang akan saya tulis. Yupp, benar sekali, A beautiful mind merupakan salah satu judul film yang dirilis sekitar tahun 2001. Saya lupa tepatnya kapan saya melihat film itu. Tapi film ini merupakan salah satu film yang sangat berkesan buat saya.

Film ini menceritakan tentang perjuangan seorang matematikawan yang menderita schizophrenia, John Nash. Dalam film itu, John Nash digambarkan sebagai orang yang jenius tetapi juga arogan dan antisosial. John Nash lebih suka menghabiskan waktunya dengan pikiran dan ide-idenya sendiri (mungkin tipikal orang jenius seperti ini ya … xixixi … ). Ketika kuliah di Princeton, John Nash memfokuskan dirinya untuk menemukan sesuatu yang unik, sesuatu yang benar-benar original. Menurut saya, scene untuk menggambarkan emosi dan juga karakter John Nash ini keren banget. Ada scene dimana John Nash nulis2 rumus di jendela pas idenya keluar. Memang kalau ide pas mengalir lancar, jangan sampai dihentikan, bisa-bisa menghilang tidak kembali xixixi …

John Nash. Foto diambil dari wikipedia

Salah satu teori John Nash yang populer adalah Nash equilibrium. Teori ini dipakai untuk menganalisis keluaran dari interaksi para pengambil kebijakan. Sederhananya, Nash equilibrium tercapai jika tidak ada pihak yang mampu meningkatkan keuntungannya hanya dengan mengubah strateginya secara sepihak. Waktu nonton itu, saya langsung teringat dengan konsep win-win solustion. John Nash mendapatkan hadiah nobel tahun 1994 di bidang ilmu ekonomi karena teori yang ditemukannya berpuluh-puluh tahun sebelumnya saat menjadi mahasiswa di Princeton.

Trus, ada juga kisah romantis-romantisnya. Lucu juga melihat reaksi John Nash diundang makan malam oleh mahasiswinya, malu-malu gimana gituhhh. Pada akhirnya mahasiswi tersebut yang menjadi istrinya. Salah satu yang membuat saya tersentuh adalah pengorbanan dan perjuangan istrinya saat John Nash begitu terpuruk karena penyakit schizophrenia-nya dan tidak bisa membedakan mana kenyataan dan mana halusinasiย  (seakan semakin meneguhkan ada wanita hebat di belakang pria hebat).

John Nash dan Alicia. Foto diambil dari sini

Dan ada satu perkataan di film itu yang sangat menyentuh,

“perhaps it is good to have a beautiful mind but an even a greatest gift is to discover a beautiful heart “

speechless deh …

Salah satu poster tentang film A beautiful mind

Adakah film yang sangat berkesan buat rekan-rekan ?

22 thoughts on “A beautiful mind

  1. Film ini memang mengagumkan, walopun sudah ‘diperhalus’ dari fakta sebenarnya, aku pernah baca sedikit bukunya, waktu John Nash sakit, perilakunya bisa dikategorikan sadis, tapi tentu saja di filmnya tidak diungkapkan ya hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s