Ngelmu – angele yen durung ketemu

Saya pernah mendengar seseorang mengatakan kepada saya (dalam bahasa jawa) bahwa  “Ngelmu iku angele yen durung ketemu”. Kalau dalam bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini “Ilmu itu susahnya kalau belum di ketahui”. Kalau sudah diketahui, ya sudah  tidak susah lagi.

Hal itu sering kali saya pakai untuk memotivasi diri sendiri. Ketika saya kesulitan memahami sesuatu (maklumlah, dari dulu masih berstatus sebagai seorang murid), saya katakan pada diri saya sendiri “ini karena belum ketemu aja, ayo coba lagi”. Dan setelah ‘ketemu’, ternyata tingkat kerumitannya serasa berkurang🙂

Mungkin karena hal itulah, mereka (baca pengajar) yang sudah sangat memahami akan bisa menyampaikan hal yang rumit menjadi mudah. Karena mereka sudah tahu ‘jangkarnya’, jadi mau di bawa kemanapun, tidak akan hilang arah.

Bagaimana pendapat rekan-rekan? Apakah setuju jika “Ngelmu iku angele yen durung ketemu ” alias  “Ilmu itu susahnya kalau belum diketahui/ketemu”.

mudah-mudahan ketemunya ga pakai lamaaaaaa ….🙂

45 thoughts on “Ngelmu – angele yen durung ketemu

  1. Iya, yg penting ga putus asa buat belajar ya, dan aku pikir seumur hidup (harusnya) kita memang jadi murid kok, pasti ada aj yg belum diketahui dan harus dipelajari kan? hehehe

  2. bener Pur.. ujung-ujungnya ngelmu itu adalah untuk menemukan huruf O saja..
    hal yang tadinya angel tenan.. setelah ketemu ilmunya, pasti mbatin begini:

    “O.. gitu toh..”
    “O.. cuman begitu saja ternyata”
    “O.. ya ampuunn, tyt gampang banget”
    😛

  3. Benar sekali mas
    Saya sedih kalau pelajaran matematika.
    Kok angel banget ya…tapi setelah dipelajari pelan-pelan ya ketemu.
    Nanti ada pelajaran baru lagi..yo angel lagi he he nhe
    Saya lebih senang pelajaran sosial yang hafalan deh
    Salam hangat dari Surabaya

  4. Saya sepakat dan sependapat, Mas. Bahwa jika sudah tahu ilmunya, ketemu caranya, pekerjaan yang berat dan sulit menjadi lebih ringan dan mudah. Ini saya alami saat harus menyiapkan berbagai macam laporan setiap bulannya, awalnya sudah puyeng duluan, tapi setelah big boss berbaik hati memberikan sedikit ilmunya, ternyata laporan yang harus dikerjakan di excel menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Ternyata bukan karena banyaknya laporan yang harus dibuat, tapi karena ilmunya yang belum saya dapat.

  5. Selamat pagi mas,, jalan2 pagi ke blog mas, aku kira sudh ada postingan baru😀
    Gk enak rasanya kalo gk ngasih jejak di blognya mas😀
    Lanjut jalan2 pgi😀

  6. Itu kalau dalam Bahasa Jawa, istilahnya apa sih kepanjangan-kepanjangan gitu?
    Kayak Desember, gede-gedene sumber, guru digugu lan ditiru, nahhh kepanjangannya itu istilah Jawanya apa?
    Aku penasaran hehehe tapi ndak tau piye nanyanya😀

    • sepertinya sih namanya ‘Kerata basa’, yaitu memahami asal-usul kata. Biasanya yg di pakai sih suku katanya. Misalnya sopir = yen ngaso mampir (karena biasanya sopir kalau pas istirahat(ngaso) ya mampir warung, makan atau minum gitu).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s