Buku penghias masa kecil

Hari ini, teman saya nyetatus tentang bacaan-bacaan yang sering di lahapnya waktu kecil. Dan saya nyambung dengan statusnya karena bacaan kami sealiran. Ingatan saya langsung kembali ke masa kecil saya, masa-masa awal saya mulai suka mambaca, waktu itu masih SD, mungkin kelas 3 atau 4.

Kesukaan membaca itu diawali secara tidak direncana. Kebetulan rumah yang kami tinggali dulu bersebelahan dengan perpustakaan umum daerah.Awalnya, sepupu saya yang menjadi anggota perpustakaan itu. Saya ikut-ikutan membaca buku yang dia pinjam. Mulailah saya tertarik terhadap buku dan akhirnya ikut mendaftar sendiri.

Perpustakaan daerah kami itu menempati bangunan kuno jaman belanda. ruangannya berlangit-langit tinggi. Buku-buku yang ada disitu pun buku-buku kuno, yang kertasnya sudah menguning. Koleksinyapun tidak terlalu banyak. Awalnya saya suka buku-buku bergambar, terutama tentang science. Saya ingat waktu itu ada beberapa buku yang berisi tentang alam semesta. Dari situlah saya tertarik hal-hal yg terkait dengan fisika.

Masa kecil saya juga dihiasi dengan cerita-cerita petualangan Lima Sekawan, Pasukan mau tahu, Trio detektif, Sapta Siaga, Hercule Poirot (kalau ini setelah agak besar). Selain itu ada juga cerita detektif karya pengarang Indonesia, tp saya lupa judul dan pengarangnya. Seingat saya, setting tempatnya di Kalimantan, tokohnya punya piaraan beruang madu.

Lima sekawan, gambar diambil dari sini

buku cerita Trio detektif, gambar diambil dari sini

Mengingat cerita-cerita itu dibuat sudah sangat lama, bisa jadi sudah di baca oleh angkatan Ayah atau bahkan kakek saya.

Bagaimana dengan rekan-rekan? Buku apakah yang menghiasi masa kecil rekan-rekan?

6 thoughts on “Buku penghias masa kecil

  1. wah buku serita jaman dulu, kalau saya suka baca buku-buku seperti itu juga, namun yang berbau laga jaman dulu,, sekarang juga masih baca (buku abang)

Leave a Reply

