mengenali pola

Tulisan ini menurut pandangan saya, berdasarkan apa yang saya ketahui, jadi kalau rekan-rekan tidak setuju, silahkan. Tapi saya sendiri belum tahu ini pandangan mata kanan atau kiri.

Manusia secara alamiah belajar dengan cara mengenali pola-pola yang terjadi di sekitarnya. Kita akan cenderung menghubung-hubungkan suatu peristiwa dengan peristiwa lainnya, kemudian berusaha mencari kesamaan diantara peristiwa-peristiwa tersebut untuk mendapatkan pola tertentu. Pola ini yang kemudian menjadi acuan dalam mensikapi suatu peristiwa ataupun untuk memprediksi apa yang akan terjadi di kemudian hari.

Belajar dengan cara mengenali pola ini dilakukan karena baik alam maupun penghuninya memiliki keteraturan diantara ketidakberaturan yang diperlihatkannya. Hal inilah yang memungkinkan nenek moyang kita bisa membuat kalender untuk bercocok tanam, memprediksi bencana berdasarkan gejala-gejala alam, dan lain-lain.

Dan mengenali keteraturan diantara ketidakberaturan ini menjadi dasar dalam science. Karena didasarkan pada keteraturan, maka science hanya bisa menerima sesuatu yang teratur, sesuatu yang bisa diulang. Sesuatu yang teratur itu tidak selalu harus sama persis, tetapi mereka memiliki sifat-sifat umum yang sama. Kalau tidak bisa diulang atau tidak memiliki keteraturan sama sekali, mungkin masukknya ke metafisika, ilmu gaib.😀

Dan belajar dengan cara mengenali pola ini sudah kita lakukan sejak lahir. Pertama-tama kita akan berusaha mengenali bentuk-bentuk di sekitar kita seperti bentuk kursi, meja, piring, sendok, gelas dan lain-lain.

Lalu ketika sudah mulai sekolah, kita mula-mula akan diajari membaca. Btw, apakah rekan-rekan masih ingatkan pertama kali belajar membaca? Sejauh yang bisa saya ingat, hal pertama  yang diajarkan kepada saya adalah mengenali bentuk huruf. Kemudian merangkai huruf-huruf itu menjadi suku kata, lalu naik lagi menjadi kata dan akhirnya menjadi kalimat. Setelah kita bisa mengenali pola dari kata, otak kita tetap akan bisa mengenali suatu kata meskipun bentuknya tidak sama. Misalnya, kita bisa mengetahui bahwa kata ‘sangat’ dan ‘sgt’ menyatakan hal yang sama.

Bicaraa tentang kata-kata, apakah rekan-rekan masih bisa mengenali kata-kata dalam gambar berikut?

Syaa ykian ptasi bsia …

16 thoughts on “mengenali pola

  1. Bisa donk..
    Only smart people can read this…
    Ndak bisa percaya aku bisa paham apa yang kubaca.
    Kekuatan pikiran manusia yg luar biasa, berdasarkan penelitian di Cambridge University, tidak jadi masalah bagaimana huruf-huruf dalam sebuah kata itu disusun, yang penting huruf pertama dan teakhirnya tetap. Yang lainnya boleh dibolak-balik dan kamu masih bisa membacanya tanpa masalah.

    Paragraf 2 serahkan pada komentator lainnya😀

  2. ” ….This is because the human mind does not read every letter by itself….” setuju dengan pendapat Mbak Titik, selain karena sebelumnya sudah mengenal bentuk ‘bener’nya penulisan katak-kata tersebut, juga bahwa huruf-huruf dalam sebuah kata itu disusun, yang penting huruf pertama dan teakhirnya tetap. …

  3. Wa juga bisa ternyata pikiran manusia itu luar biasa

    Btw temen2, mungkin temen2 disini ada yg dah pernah nyobain game online MMORPG PUTRA LANGIT ??, jadi gini aku baru-baru ini main game gokil keren ini neh – PUTRA LANGIT ONLINE – dah nyobain wa waktu itu pas masa alpha test gameplay-nya addicted banget loh banyak fitur menarik, klo mo tau lebih lanjut masuk aja fanspagenya di -> http://www.facebook.com/putralangit.online, dan MICROSITE-nya => http://putralangit.capple.net/microsite/ , game ini diangkat dari komik terkenal TONY WONG “LEGENDA PUTRA LANGIT” yang terkenal itu loh, cekidot aja biar lebih jelasnya di link2 yg ane kasih klo suka jangan lupa di like yo

  4. Dengan hanya menerima pola yang bisa diuji, bisa diulang dengan hasil yang sama, betapa terbatasnya dunia science itu ya Mas..Tapi kehidupan kita amat bergantung pada mereka🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s