Kepercayaan

Hari ini pk Dhe Cholik menulis tentang “Kepercayaan itu mahal”.  Saya setuju sekali dengan hal itu. Saya jadi teringat pesan bapak yang berkali-kali mengingatkan akan hal itu. Menurut bapak, kepercayaan adalah modal utama.

Dalam hal bekerja, kepercayaan harus selalu dijaga agar rejeki bisa terus lancar. Kalau kepercayaan sudah hilang, bagaimana orang bisa memberikan pekerjaannya kepada kita, begitu bapak bilang. Dan selama bertahun-tahun, bapak dipercaya untuk menagih uang setoran dari langganan juragannya. Jaman dulu, orang membayarnya dengan uang tunai dan tanpa tanda terima. Bapak selalu was-was kalau lagi bawa uang tunai. Ketika di kasihkan ke juragannya juga tidak pernah di cek langsung. Tp bapak tidak pernah mau neko-neko, menjaga kepercayaan itu sulit sekali, begitu katanya. Kalau sekarang, para langganannya itu membayarnya pakai cek, jd kerja bapak lebih ringan krn tidak perlu membawa uang tunai.

Ketika sekarang saya sekolah pun, pembimbing saya juga menerapkan asas kepercayaan. Waktu pertama kali masuk, beliau bilang “Disini tidak ada jam wajib untuk ngelab, karena saya percaya kalian akan bertanggung jawab dengan kewajibanmu sebagai mahasiswa”. Karena hal itu, kami justru lebih terpacu untuk bekerja sebaik-baiknya. Dan output paper dari lab kami dari tahun ke tahun bisa di bilang cukup tinggi jika di bandingkan dengan pembimbing lain. Padahal banyak yang menerapkan jam lab untuk meningkatkan produktivitas.

Membentuk kepercayaan itu memang membutuhkan waktu dan usaha. Menjaganya pun juga tidak mudah. Di lab, kami sering bekerja overtime untuk bisa mendapatklan hasil sesuai yang diinginkan sehingga tetap bisa menjaga kepercayaan dari pembimbing. Memang ada ‘harga’ yang harus di bayar untuk mendapatkan dan menjaga kepercayaan, tetapi bukankah tidak ada yg gratis di dunia ini?😀

Artikel  ini untuk menanggapi artikel BlogCamp berjudul  Kepercayaan itu mahal tanggal 21 Juni 2012.

9 thoughts on “Kepercayaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s