Apalah arti sebuah nama

Ungkapan “what is in a name?”, atau kalau dalam bahasa kita sering di terjemahkan dengan “Apalah arti sebuah nama?” sering kali kita dengar. Nama bisa jadi merupakan identitas, penanda ataupun mengandung sebuah harapan. Bicara tentang nama, saya pernah memiliki pengalaman yang agak unik, tetapi bukan tentang nama saya, melainkan nama teman saya.

Ketika saya di Melbourne, ada teman saya yang berasal dari China. Dan umumnya, mereka memilih memakai nama barat (mereka menyebutnya ‘English name’) ketika memperkenalkan diri dengan orang dari negara lain.

Suatu kali, sewaktu kerja bersama,  saya bertanya pada teman saya itu apakah lazim di negaranya sana orang memakai ‘English name’?

Dengan penuh antusias dia menjawab ” Ya, itu hal yang lumrah.” lalu dia melanjutkan “Aku bahkan hampir tiap tahun mengganti ‘English name’-ku “.

Glek … aku agak tertegun juga waktu itu. Masak sih nama di ganti tiap tahun. Bagaimana orang akan mengenali dirinya? Lalu gimana urusan-urusan lainnya yang melibatkan nama? Saya tidak habis pikir waktu itu.

“Kalau namamu sering berganti-ganti, apakah teman-temanmu waktu kecil mengenali namamu?” tanyaku. Dengan enteng dia menjawab “Temanku tidak mengetahui ‘English name”-ku’ yang sekarang”. Aku tidak bertanya lebih lanjut karena kami kemudian sibuk dengan tugas yang harus diselesaikan.

Baru ketika saya di Taiwan, saya bisa mengerti mengapa mereka bisa berganti-ganti nama, karena memang English name itu hanya di pakai untuk memudahkan orang asing menyebut nama mereka.  Saya pernah menuliskan betapa saya merasakan kesulitan mengingat nama mandarin temen saya disini. Karena hanya untuk memudahkan orang asing, maka mereka pun jarang memakainya diantara mereka sendiri. Dan ketika memilih ‘English name’ pun satas dasar suka-suka saja. Pernah teman saya meminta untuk di carikan “English name”. weleh … weleh …

Dan kebiasaan memiliki ‘English name’ ini hanya saya temui pada teman-teman yang berasal dari China. Mungkin karena bahasa China memiliki karakter dan pelafalan yang sulit di pahami oleh orang dari negara lain, sehingga mungkin akan lebih mudah bagi mereka untuk memperkenalkan diri kepada orang asing menggunakan English name.

Leave a Reply

