Pesta bola – Putaran pertama penyisihan group

Baru saja putaran pertama babak kualifikasi group berakhir. Ketatnya kompetisi cukup terasa di putaran pertama ini. Berikut ini sekilas ulasannya.

Di partai pembuka, penyerang Polandia, Robert Lewandowski menjadi pencetak gol pertama di EURO 12 ketika timnya melawan Yunani. Di partai ini juga,  Sokratis Papastathopoulos menjadi pemain pertama yang diusir dari lapangan setelah mendapatkan kartu kuning kedua di menit ke 44. Meski tertinggal dan bermain dengan 10 orang, Yunani justru berhasil menyamakan kedudukan melalui Dimitrios Salpingidis di menit ke 51. Mereka hampir saja membalikkan keadaan andai saja penalti Karagounis berhasil menjebol gawang Polandia. Hasil imbang 1-1 dan berbagi kartu merah mengakhiri pertandingan pertama.

Pertandingan Rusia VS Ceko menjadi pertandingan tersubur dan kemenangan terbesar selama putaran pertama ini. Rusia berhasil mengalahkan Ceko dengan skor 4-1. Di pertandingan ini, Dzagoev menjadi pemain pertama yg mencetak 2 goal sekaligus pemain termuda yang berhasil mencetak gol di putaran pertama kualifikasi group. Dengan hasil ini Rusia menguasai group A dengan nilai 3.

Di group maut, kejutan besar terjadi pada laga Belanda VS Denmark. Sebagai tim yang dianggap paling lemah di group ini karena tidak memiliki pemain bintang, Denmark justru bisa menekuk Belanda yang bertabur bintang. Kedisiplinan dan kolektivitas tim yang baik dari Denmark berhasil mengalahkan Belanda yang kali ini tampil lebih individual dengan penyelesaian akhir yang buruk.

Masih di group maut, Portugal kurang beruntung saat melawan Jerman karena dua kali serangannya membentur tiang dan mistar gawang. Portugal pun harus rela di tekuk Jerman berkat gol semata wayang Gomez  pada menit ke 72. Pada pertandingan ini, kedua tim tampil hati-hati, meski Jerman lebih banyak menguasai bola.  Pertandingan lebih menarik setelah Gomez mencetak gol.

Di group C, rekor 14 kali kemenangan beruntun Spanyol harus berhenti di tangan Italia. Tampil menyerang, “La Furia Roja” justru kebobolan lebih dulu oleh gol Antonio Di Natale. Beruntung Cesc Fabregas  berhasil menyamakan kedudukan 3 menit sesudahnya. Pertandingan ini bisa dikatakan sebagai perang antar permain tengah mengingat kedua tim sama-sama memiliki pemain tengah yang tangguh. Selain itu, kiper kedua tim bermain sangat bagus karena masing-masing berhasil mematahkan beberapa ancaman serius. Masih pada pertandingan ini, Spanyol yang tampil tanpa striker kurang bisa memaksimalkan penyelesaian akhir.

Masih di group C, Kroasia berhasil mengalahkan Irlandia dengan skor 3-1. Pemain-pemain kunci Irlandia yang notabene sudah melewati masa keemasannya tak kuasa menghadapi gempuran para pemain Kroasia. Bahkan pada menit ke-3, Mandzukic sudah berhasil menjebol gawang Shay Given. Gol Mandzukic  ini sampai saat ini menjadi gol tercepat dalam perhelatan EURO12.

Di group terakhir, The Three Lions yang tidak diperkuat beberapa pemain andalannya karena cidera bertahan cukup solid. Meski lebih banyak bertahan, tim ini mampu mencuri gol lebih dahulu lewat Lescott di menit ke 30. Tertinggal, Perancis pun tak tinggal diam dan berhasil menyamakan kedudukan lewat tembakan keras Nasri di menit ke 39. Three lions harus berjibaku menahan gempuran Les Bleus. Kecemerlangan Joe Hart dan barisan pertahanannya mampu menghindarkan The Three lions dari kekalahan. Absennya Rooney sangat terasa di lini depan the Three lions. Pertandingan ini merupakan hasil imbang ketiga dalam putaran pertama babak qualifikasi, dan semuanya berakhir 1-1.

Laga terakhir mempertemukan Swedia dengan tuan rumah Ukraina. Kedua tim di komandoi oleh pemain AC milan (Ibrahimovic di kubu Swedia) dan mantan pemain AC milan (Shevchenko di kubu Ukraina). Dan kedua pemain itu menjadi kunci bagi masing-masing tim. Pertandingan ini diwarnai dengan drama 3 gol yg terjadi dalam 10 menit. Ibrahimovic membuka gol di menit ke 52. Tapi keunggulan ini tak bertahan lama karena Shevchenko menyamakan kedudukan pada menit ke 55. Tak berhenti sampai disitu, pada menit ke 62 Shevchenko membuat Ukraina berbalik unggul. Shevchenko menjadi pemain ketiga yang mencetak 2 gol, sekaligus menjadi pemain tertua yang berhasil mencetak gol di di putaran pertama kualifikasi group. Dan pertandingan ini menjadi merupakan satu-satunya comeback yang terjadi dalam putaran pertama kualifikasi group.

Masih banyak pertandingan-pertandingan yang akan dimainkan. Mari kita tunggu kejutan-kejutan berikutnya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s