never give up until the end

Sekali lagi sebuah drama terjadi dalam sepak bola. Chelsea, yang terseok-seok di liga domestik, berhasil menjadi kampium di Liga Champions sekaligus menjadi juara baru (karena ini pertama kalinya Chelsea menjuarai Liga Champions) . Klub yang menjadi underdog ini justru membalikkan prediksi dengan mengalahkan Bayern Munchen di partai final lewat drama adu pinalti. Di serang terus-menerus, para pemain Chelsea tetap bermain disiplin dan sabar. Ketika Chelsea ketinggalan di menit ke 83, kemenangan sepertinya sudah di tangan B.Munchen. Akan tetapi, 5 menit kemudian, Drogba berhasil menyamakan kedudukan dan akhirnya membalikkan keadaan.

Para pecinta sepak bola menyerang tentu membenci strategi ‘park the bus’ yang di terapkan Chelsea pagi ini. Ya, dengan menumpuk pemain di depan gawang dan mengandalkan serangan balik, permainan sepak bola menjadi kurang menarik (bagi penonton). Tetapi, bukankah para pemain itu bermain untuk menang, dan kemenangan itu juga akan menyenangkan para pendukungnya?😀

Ada yang bilang bahwa kemenangan Chelsea tahun ini karena keruntungan. Mmm, saya tidak setuju dengan hal ini. Chelsea berhasil menyingkirkan klub terbaik di dunia saat ini di babak semifinal, dan mengalahkan klub yang luar biasa di partai puncak. Semua itu tidak semata-mata karena keberuntungan. Kedisiplinan, kerja keras, semangat pantang menyerah dan tentu saja strategi yang tepat menjadi kunci utamanya. Mengenali kemampuan diri kemudian mengoptimalkannya untuk meraih hasil maksimal bukanlah hal yang mudah. Dan R Di Matteo melakukan hal ini dengan baik di Chelsea.  Sebagai perbandingan, strategi ‘park the bus’ sebenarnya sering dilakukan oleh timnas, tetapi hasilnya belum ada yang maksimal.

Dan akhirnya, saya banyak belajar dari Drogba, yang ketika di wawancarai seusai pertandingan mengatakan “… never give up, never give until the end.”

Benar sekali, para pemenang adalah mereka yang tidak pernah menyerah untuk memberikan 100% kemampuannya…

Selamat untuk Chelsea …

4 thoughts on “never give up until the end

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s