Ojek = anti macet

Istilah ojek tentu tak asing lagi bagi kita. Ojek adalah sarana transportasi yang umumnya berupa sepeda motor. Sebenarnya ada juga ojek sepeda, tetapi sangatlah jarang (saya pernah naik ojek sepeda sekali, sewaktu di Jakarta). Di Indonesia, ojek ditemui di banyak lokasi, mulai dari pedesaan hingga di kota-kota besar.

Ojek di pedesaan biasanya melayani jalur yang jarang atau tidak ada angkutan umumnya. Mereka biasanya mangkat di perempatan-perempatan yang dilalui oleh jalur angkutan umum untuk menawarkan jasa mengantar ke daerah yang lebih pelosok lagi.

Berbeda dengan ojek di pedesaan, ojek di kota-kota besar biasanya menawarkan kecepatan. Hal ini tidak lain karena keunggulannya dalam menyusup dan melewati sela-sela kendaraan.

Beberapa hari yang lalu, saya sempat menikmati keunggulan naik ojek sewaktu sedang di Jakarta. Waktu itu saya ada di sekitar Istora senayan dan ingin cepat-cepat ke daerah Kuningan, sebelum kantor yang dituju tutup. Awalnya saya terpikir untuk naik busway, tetapi melihat antrian di halte busway yang cukup panjang dan jalur memutar yang harus dilalui, saya jadi berpikir lagi. Lalu terbersit keinginan untuk naik taksi, tetapi demi melihat jalanan yang cukup padat, saya pesimis bisa tiba tepat waktu di Kuningan.

Ketika sedang bingung, saya melihat tukang ojek yang sedang mangkal di dekat situ. Seketika saya seperti menemukan jawaban. Dengan segera saya hampiri tukang ojek itu. Jadilah saya naik ojek ke Kuningan. Tak lama kemudian, saya sudah meliuk-liuk di antara mobil-mobil yang terjebak kemacetan.Tukang ojeknya rupanya sudah cukup lihai sehingga dia bisa dengan cekatan menyusup diantara mobil-mobil tersebut. Dan dalam waktu yang singkat, saya sampai di kantor yang dituju dengan selamat.

Memang, ojek adalah alat transportasi anti macet. Tetapi kata teman saya, ojek tidak anti masuk angin ha.ha.ha…

Leave a Reply

