Nekad atau …

Hari senin kemarin, saya naik kereta api keluar kota. Sengaja memilih hari senin supaya keretanya tidak terlalu penuh. Saya memang lebih suka naik kereta api dari pada naik bus. Selain waktunya lebih bisa diandalkan, saya juga merasa lebih aman.  Apalagi  saat ini pihak KAI telah menyatakan perjalanan kereta api bebas asap rokok.

Tetapi, meskipun telah ditegaskan bahwa merokok di area kereta api adalah terlarang, tetap saja masih ada beberapa orang yang merokok di area kereta api, entah itu di peron atau malah di dalam gerbong. Ceritanya, sewaktu dalam perjalanan, di kursi samping saya duduk seorang bapak-bapak yang sudah agak tua. Dengan santai bapak itu mengeluarkan rokoknya lalu merokok di dalam gerbong.

Saya saat itu sudah merasa bete aja, karena sudah jelas-jelas ada himbauan untuk tidak merokok di area kereta api, apalagi di dalam gerbong. Pada saat bapak itu sedang asyik merokok, tiba-tiba dari belakang datang petugas KA yang langsung mengingatkan bapak itu untuk tidak merokok. Saat itu saya merasa senang karena ada yang mengingatkan. Bapak itu meminta maaf lalu menurunkan rokoknya.

Tetapi tahukah saudara-saudara, ternyata bapak itu tidak benar-benar mematikan rokoknya. Ketika petugasnya berlalu, bapak itu kembali menghisap rokoknya. Kali ini dengan sesekali melihat ke depan dan belakang, kalau-kalau ada petugas lain yang lewat. Saat itu saya cuma bisa menarik nafas panjang, tidak habis pikir. Ini bapak nekad atau ga ngerti aturan.

Saya pikir ini hanyalah contoh kecil dari ketidak disiplinan dan ketidak pedulian terhadap orang lain di tempat-tempat umum. Mungkin bapak itu tidak pernah berpikir kalau asap rokoknya itu mengganggu orang lain.

2 thoughts on “Nekad atau …

  1. haha.. iya, itu tuh, para perokok yang nggak bertanggung jawab😀
    saya sering kesel karena itu, nggak enak mau bilangnya, tapi kita sndiri tersiksa😦
    salam

Leave a Reply

