Do not complain

Bulan November telah datang,  akhir tahun pun menjelang. Rasa-rasanya waktu berlalu begitu cepat berlalu tetapi belum banyak karya yang dihasilkan, meskipun ada banyak hal yang telah terjadi.

Disini, bulan November diawali dengan hujan gerimis (sangat cocok dengan lagu yang sudah saya posting hari kemarin🙂 ).  Suhu semakin menurun, mesti bersiap-siap memasuki musim dingin. Alhasil, bangun pagi semakin susah (padahal biasanya juga bangun siang xixixixi).  Berpikir terasa semakin berat, meski kerjaan masih banyak.  Due date yang semakin mendekat, sementara hasil riset belum juga menggembirakan, memunculkan kecemasan yang berlebihan. Uuuhhh, benci ketika rasa ini datang.

Ketika sendang melepas jenuh dengan nge-FB, tiba-tiba, ada seseorang yang memposting quote berikut di FBnya :

If you don’t like something change it. If you can’t change it, change your attitude. Don’t complain” Maya Angelou.

ya..ya.ya… do not complain. Komplain memang seringkali tidak membuat situasi membaik apalagi menyelesaikan masalah. Jadi, mungkin lebih baik mengubah attitude saja. Menurut saya, hal ini bukan berarti kita lalu mengorbankan diri dan larut dengan keadaan yang ada. Tetapi, ‘..change your attitude..” lebih mengarah kepada “berusahalah melihatnya dari sudut pandang yang berbeda”, alias carilah sisi positifnya.

Setiap orang pasti punya kesulitan sendiri-sendiri. Jadi, berpikir bahwa rumput tetangga lebih hijau belum tentu benar. Kalau orang Jawa bilang “kabeh kui mung wang sinawang“. Kalau diterjemahkan secara langsung  “semua itu hanya saling melihat“, yang artinya mungkin senafas dengan “rumput tetangga tampak lebih hijau“.

(gambar diambil dari sini )

Seperti rumput, untuk membuatnya hijau dan indah pun ternyata memerlukan perawatan yang khusus.  Jadi, ketika rumput tetangga kelihatan lebih hijau, sangat dimungkinkan jika sang tetangga melakukan usaha ekstra untuk tetap membuat rumputnya kelihatan hijau. So, there is no free lunch. Jika ingin rumput kita juga kelihatan hijau, mau tidak mau harus ada usaha extra.

Mari bersama-sama belajar ”do not complain” dan berusaha lagi untuk membuat rumput kita masing-masing menjadi lebih hijau, seperti rumputnya tetangga.

Hidup rumput hijau🙂

2 thoughts on “Do not complain

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s