3 buah yang merubah dunia

Hari ini, salah satu jenius di era modern telah berpulang. Dan berbagai media massa memuat berita tentang kepergian Steve Jobs, salah satu pendiri perusahaan multinasional yang bergerak dibidang software, personal komputer dan consumer electronics, yang berlambang apel digigit. Karena buah apel tersebut, saya akan menulis tentang “3 buah” yang memiliki pengaruh besar bagi manusia (tentu ini hanya versi asal, yang entah siapa yang memulainya🙂 ). Apa saja buah tersebut ?

1. Buah yang dimakan oleh Hawa

(gambar diambil dari sini )

Kisah tentang buah pertama ini saya yakin menjadi kisah yang paling banyak diketahui oleh manusia🙂 . Ya,cerita ini memang mengawali perjalanan kisah manusia. Manusia pertama diciptakan dan kemudian ditempatkan di sebuah ‘taman’ yang sempurna.  Didalam taman tersebut terdapat sebuah pohon yang buahnya tidak boleh dimakan. Tetapi Hawa mendapat godaan, dan akhirnya dia memakan buah dari pohon tersebut dan memberikannya juga kepada Adam. Dengan memakan buah tersebut, mereka telah melanggar larangan yang diberikan dan akhirnya mereka dipindahkan dari ‘taman’ yang sempurna tersebut ke tempat dimana mereka mesti hidup dengan bersusah payah. Dan keturunan mereka pun juga harus bersusah payah. Manusia perlu mengolah alam terlebih dulu untuk mendapatkan makanan. Mungkin saja setelah peristiwa itu, manusia memulai era agraris…🙂

2. Buah apel versi Newton

(gambar diambil dari sini)

Kisah tentang buah apel dan Newton menceritakan tentang  pergulatan Sir Isaac Newton salah seorang ilmuwan paling berpengaruh yang pernah ada,  yang hidup pada tahun  1642-1727. Berikut ini versi yang banyak beredar tentang kisah apel Newton.

Alkisah, pada suatu waktu, Newton sedang merenung di bawah sebuah pohon apel. Tiba-tiba, sebuah apel jatuh didekatnya. Kejatuhan buah apel tersebut menginspirasinya menemukan teori gravitasi, teori yang mampu menjelaskan tentang pergerakan planet-planet. Tentu saja saya yakin bahwa inspirasi untuk perumusan teori gravitasi tersebut tidak datang dengan tiba-tiba, tetapi melalui proses yang sangat panjang, yang memerlukan ketekunan dan kerja keras. Cerita tentang apel saya pikir hanyalah semacam bumbu saja.

Teori gravitasi ini  sangat populer dan masih terus dipelajari sampai sekarang, lebih dari 300 tahun setelah ditemukan. Berdasarkan teori ini, peluncuran pesawat antariksa bisa dilakukan, peredaran planet-planet bisa lebih dipahami, dan pergeseran bintang bisa diketahui. Selain hukum gravitasi, Newton juga menemukan hukum gerak Newton, yang menjadi dasar dalam mekanika klasik, salah satu teori fisika utama. (jadi teringat pelajaran FIFA/Fisika Inti Fisika Atom, kalau tidak salah, teori Fisika ada 4 arus utama yaitu mekanika klasik, elektromagnetik, mekanika kuantum dan relativitas).

Didalam bukunya “Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica”, selain menyatakan ketiga hukum geraknya, Newton juga menyinggung tentang dinamika fluida. Perkembangan mekanika klasik disertai perkembangan cabang ilmu yang lainnya, misalnya ilmu termodinamika,  dan turut serta mendukung terjadinya revolusi industri, terutama dari sisi pengembangan riset dan penelitian, di eropa pada akhir abad 18 dan awal abad 19. Revolusi industri merubah tatanan masyarakat dari era agraris ke era  industri.

3. buah “Apple”

(gambar diambil dari sini )

Untuk buah yang ketiga mengacu pada apel digigit, yang merupakan simbol dari Apple, sebuah perusahaan software, personal komputer dan consumer electronics sekaligus. Memang citra perusahaan ini identik dengan Steve Jobs, salah seorang pendirinya. Mengapa Steve Jobs lebih populer dibanding Stephen Gary Wozniak dan Ronald Gerald Wayne yang sama-sama pendiri perusahaan tersebut?

Steve Jobs memang berbeda dari orang-orang pada umumnya. Ia merupakan seorang yang visioner dan kreatif. Seorang yang mengerti apa yang diinginkannya dan ia berjuang untuk itu. Beberapa keputusan besar yang telah dibuatnya, seperti meninggalkan bangku kuliah, membuktikan hal itu. Dan integritasnya memang sangat kelihatan dari pengaruhnya terhadap perusahaan yang dipimpinnya.

Inovasi dan kreatifitasnya terlihat pada produk-produk perusahaan yang dipimpinnya da menjadikan perusahaan tersebut menjadi perusahaan yang paling berpengaruh di bidangnya. Sebagai contoh, tahun 1977, produk Apple II dirilis dan produk ini menjadi personal computer komersial yang pertama. Pada saat itu, memproduksi komputer pribadi merupakan sebuah terobosan yang luar biasa. Tahun 1994, Apple memperkenalkan Power Macintosh dan menawarkan lisensi perangkat lunak Mac kepada pihak lain untuk di kloning. Dan pada tahun 1995, Microsoft Windows 95 yang merupakan kloning dari Mac dipasarkan. Microsoft Windows ini yang kemudian justru merajai dunia sampai sekarang dan membuat kita bisa dengan mudah memakai PC🙂

Ketika Steve Jobs keluar dari Apple tahun 1986 dan kemudian bergabung dengan Next Computer, perusahaan tersebut kemudian berperan pada pemanfaatan sebagai server pertama World Wide Web. Seperti kita ketahui, World Wide Web ini kemudian mendorong munculnya era baru dalam kehidupan manusia, yaitu era informasi.

Kreasi Jobs tidak berhenti sampai disitu, ketika ia bergabung kembali dengan Apple tahun 2000, perusahaan tersebut melakukan banyak gebrakan dengan berbagai produk inovatifnya seperti iPod, iTunes sampai dengan iPhones.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kiprah Jobs ikut serta meramaikan (tetapi bukan satu-satunya) perkembangan dunia komputer (hardware dan software) yang membawa perubahan dari era industri ke era informasi. Setelah buah yang ketiga, kira-kira buah apalagi ya yang akan merubah dunia🙂

Nb: data dan gambar diambil dari berbagai sumber di internet ….

Chungli
06102011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s