Go Green …

Istilah “Go Green” mestinya sudah tidak asing lagi bukan…. Ya, istilah ini banyak digunakan untuk menghimbau masyarakat agar lebih peduli terhadap kelestarian lingkungan.Tentunya mudah untuk dimengerti sumber daya alam telah secara terus menerus diambil untuk memenuhi kebutuhan manusia. Dengan jumlah manusia yang sangat banyak (diperkirakan sekitar 7 milyar), tentu kemampuan alam untuk ‘memperbaiki diri’ tidak secepat manusia ‘merusaknya’. Sehingga saat ini banyak kita temui bencana alam yang pada dasarnya disebabkan oleh ketidakseimbangan alam, seperti banjir dan tanah longsor (meskioun tidak semua banjir dan tanah longsor disebabkan oleh kerusakan alam🙂 ). Untuk memperlambat laju kerusakan alam, maka kita harus mengurangi laju ‘mengkonsumsi’ alam dan berusaha mempercepat alam ‘memperbaiki diri’.

Bentuk kepedulian terhadap alam itu bisa berbentuk macam-macam, yang intinya berusaha meminimalkan polusi atau sampah. Karena dengan meminimalkan sampah, maka diharapkan tingkat konsumsi juga minimal. Jika tingkat konsumsi minimal, maka penggunaan sumber daya alam pun bisa dihemat.Sebagai contoh adalah menghemat penggunaan listrik (yang diharapkan bisa menghemat penggunaan bahan bakar untuk menghasilkan listrik di pembangkit-pembangkit listrik).

Gb 1. Himbauan untuk hemat listrik :p

Dibeberapa negara (seperti Australia dan Taiwan) telah menerapkan sistem pengelompokan sampah, seperti sampah ‘recycle’, organik dan sampah umum. Sampah ‘recycle’ diperuntukkan bagi sampah yang masih bisa didaur ulang misalnya kertas dan kaleng. Sampah organik diperuntukkan bagi sampah makanan karena sampah ini bisa dibuat menjadi kompos maupun makanan ternak sedangkan sampah umum berisi sampah bukan daur ulang dan organik.

Gb 2. Truk sampah

Selain itu bisa juga dengan mengkonsumsi produk-produk yang ramah lingkungan, alias produk yang jika sudah menjadi sampat akan cepat mengurai. Beberapa orang sudah mulai peduli dengan hal ini antara lain dengan mengurangi konsumsi produk-produk dari plastik. Jika sedang berbelanja, usahakan membawa tas recycle sendiri supaya tidak perlu lagi menggunakan kantong plastik.

Saat ini, semakin banyak gerakan untuk mengajak kita untuk ‘go green’. karena menjaga kelestarian lingkungan memang sangat penting bukan saja untuk kita saat ini tetapi juga untuk anak cucu kita. Jadi, mari ikutan ‘Go Green…’

Salam Go Green

2 thoughts on “Go Green …

  1. di sini sampah juga digolong-golongkan. Sampah yg mudah terbakar (kertas, kayu, makanan, dll), sampah yg tdk mdh terbakar (plastik, gelas, keramik), sampah berbahaya (korek, baterai, kaleng gas, kaleng parfum, silet, cutter…), sampah plastik kontainer (tas plastik, t4 mkn plastik, dll), kaleng, botol, dst… (ntar jd 1 postingan ya🙂 )

    Mdh2an kalau pulang besok bs menerapkan sistem persampahan di sini.

    Btw, kampanye hemat listriknya saklarnya lucu. Tp aku malah jijik mau nyentuh switch-nya… hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s