Duì Bù Qǐ

Beberapa hari yang lalu, seorang teman memberikan link (dari youtube) sebuah lagu dari band Inggris yang menyanyikan lagu dengan lirik bahasa Cina, yang berjudul ” Duì Bù Qǐ ” yang artinya kurang lebih adalah ‘Maaf’.

Setelah mendengarkan lagunya, saya menjadi tertarik. Lagunya sederhana dan ‘easy listening’. Yang membuat saya lebih tertarik adalah karena liriknya dalam bahasa Cina. Apa yang di ceritakan lagu ini menarik hati saya, karena saya pun pernah dan sedang mengalaminya. Mungkin karena yang menyanyikan bukan ‘native speaker’, jadi, kata yang diucapkan oleh vokalisnya lebih mudah saya tangkap (saya tidak bisa mengerti sama sekali ketika orang Taiwan berbicara Mandarin. Bagi saya, banyak kata yang terdengar sama saja ha.ha.ha…).

Iseng-iseng, saya mencoba mencermati lirik lagunya dan menulis pinyin-nya, supaya saya lebih mudah menyanyikan ketika saya mandi. Untuk meminimalkan kesalahan, saya meminta teman lab saya untuk mengecek pinyin yang saya tulis, tapi ternyata mereka tidak begitu familiar dengan pinyin, malah diterangkan karakter mandarinnya. Alhasil, saya bertambah pusiiiiing ha.ha.ha… .

Berikut ini lirik lagunya dalam pinyin …
Duì Bù Qǐ jika ada beberapa kata yang salah…..

============================================
Judul : Duì Bù Qǐ (maaf)

*
duì bù qǐ
wǒ de zhōng wén bù hǎo
duì bù qǐ duì bù qǐ
wǒ bù jiě dào nǐ shuō shénme

duì bù qǐ
wǒ de zhōng wén bù hǎo
duì bù qǐ duì bù qǐ
wǒ zhī xiǎng gēn nǐ dāng péng yǒu

**
Hello nǐ hǎo ma
nǐ de yīng wén hǎo hǎo tīng
nǐ shì měi guó rén ma
bìng bù shì měi guó rén
wǒ shì yī wèi yīng guó shēn shì
rú guǒ nǐ chan xīn tīng
nǐ huì le jiè wǒ

kembali ke *

***
huānyíng guānglín
lǐmiàn zuò
xiānsheng nǐ yào chī shénme
wǒ yào shuì jiào
nǐ hěn lèi zhī bù zhī
wǒ bù lèi wǒ dù zi hěn è
wǒ xiǎng yào chī shuǐjiǎo
qǐng nǐ kuài diǎn zuò

kembali ke *

****
méi guānxi
wǒ de zhōng wén jìn bù le
méi guānxi méi guānxi
wǒ hái yào gēn nǐ dāng péng yǒu 4x

===========================================

Untuk mengetahui artinya, saya persilahkan untuk melihat clipnya di youtube. Disitu ada liriknya dalam karakter mandarin disertai artinya dalam bahasa Inggris…

Berikut ini adalah link youtubenya….

Leave a Reply

