Jurus Si Raja Fāpiào

Bagi kita yang tinggal di Taiwan tentu mengetahui tentang “Taiwan receipt lottery” atau saya suka menyebutnya lotere fāpiào. Fāpiào adalah tanda terima yang kita dapatkan ketika kita membeli barang, di Indonesia mungkin bisa di analogikan dengan nota. Karena di Taiwan ada lottery fāpiào, maka setiap kali saya membeli barang, notanya saya simpan. Di nota tersebut terdapat angka (8 digit) yang akan di undi tiap dua bulan sekali. Pengundian dilakukan tanggal 25 tiap bulan ganjil misalnya 25 Januari (untuk nota bulan November dan Desember), 25 Maret (untuk nota bulan Januari dan Februari), dst.

Contoh Fapiao

Pemenang lotere tersebut adalah mereka yang nomor nota nya sama dengan nomor yang dikeluarkan pada saat pengundian.  Biasanya ada dua kategori hadiah yaitu Grand Prize dan First Prize (partial match). Hadiah Grand prize, semua nomor di nota harus sama dengan nomor undian grand prize, sedangkan untuk First prize nomor di nota sama dengan nomor undian paling sedikit 3 digit dari belakang. Hadiah untuk Grand prize sangat menggiurkan, yaitu 2 juta NTD. Wow.  Sedangkang hadiah untuk First prize tergantung berapa banyak angka yang cocok; 3 digit akan mendapatkan 200 NTD, 4 digit akan mendapatkan 1000 NTD, 5 digit akan mendapatkan 4000 NTD, 6 digit akan mendapatkan 10000 NTD, 7 digit akan mendapatkan 40000 NTD dan 8 digit akan mendapatkan 200000 NTD.

Setelah beberapa lama tinggal di Taiwan dan tidak pernah mendapatkan hadiah lotere sekalipun, saya menjadi penasaran. Kebetulan teman baik saya (yang sudah lebih lama tinggal di Taiwan) sering mendapatkan hadiah lotere tersebut.  Biasanya, putra teman saya yang bertugas mengurus fapiao-fapiao yang mereka dapatkan. Karena sering mendapat hadiah lotere, maka saya sering menjuluki putra teman saya itu  Si Raja Fāpiào.

Singkat cerita, karena ingin tahu bagaimana rasanya mendapat lotere fapiao, maka saya pun berguru kepada Si Raja Fāpiào. Saya cukup beruntung karena Si Raja Fāpiào menurunkan ilmunya kepada saya. Dia memiliki 3 jurus andalan untuk memenangkan lotere yaitu:

Jurus 1: Jika membeli barang, jangan langsung member sekaligus, tetapi belilah satu persatu sehingga akan mendapat fapiao lebih banyak.

Jurus 2: Jika kebetulan anda berkeluarga dan sedang jalan-jalan kemudian ingin membeli sesuatu, maka lebih baik masaing-masing membayar sendiri-sendiri karena akan mendapatkan fapiao lebih banyak

Jurus 3: Jika kebetulan anda sedang ikut kuliah, anda bisa tengak-tengok sekitar anda, siapa tahu di kelas itu ada fapiao yang jatuh, lumayan bisa menambah koleksi fāpiào:D (teknik ini bisa ke kembangkan ke berbagai tempat).

Setelah mendapatkan ketiga jurus tersebut, saya pun segera mempraktekkannya, dan ternyata jurus tersebut benar-benar ampuh. Untuk pertama kalinya saya bisa memenangkan lotere sebesar 200 NTD.  Lumayanlah….

Bulan berikutnya saya tidak lagi mempraktekkan ilmu tersebut, dan memang tidak pernah dapat lagi. Keliatan kan betapa ampuhnya jurus Si Raja Fāpiào … he.he.he…

Karena keampuhan jurus tersebut, maka saya memutuskan untuk menuliskan ke-3 Jurus andalan Si Raja Fāpiào tersebut. Siapa tahu bisa memberikan manfaat buat rekan-rekan semua. Selamat berlatih jurus Si Raja Fāpiào.

Rasa terima kasih saya kepada :

1.       Adriel Si Raja Fapiao yang telah menurunkan ilmunya kepada saya.

2.       Teman-teman yang terus menyemangati dan mendorong saya untuk terus belajar menulis. (akhirnya dapat satu lagi he.he.he.😀 )

Chung Li,

4 Maret 2011

7 thoughts on “Jurus Si Raja Fāpiào

  1. Bang itu fa piao gw mau nanya itu yg 3 angka terakhir sama dengan angka terakhir no undian hadiah pertama atau gmn? Need help banget nih bru dtg taiwan msh mewbie

Leave a Reply

